Muslimahdaily - Event fashion show tahunan dan terbesar di tanah air, Jakarta Fashion Week kembali digelar. Tahun ini JFW diadakan mulai tanggal 26 sampai 29 November 2020 di Senayan City.

Pada press conference melalui aplikasi zoom meeting Senin (23/11) kemarin, Fashionlink x #BLCKVNUE kembali menjadi bagian dari kemeriahan Jakarta Fashion Week 2021. Tahun ini, show Fashionlink x #BLCKVNUE menampilkan koleksi dari Ai Syarif 1965, Bateeq, Calla the Label, Eureka, dan Hattaco.

Pada JFW tahun ini, Hattaco dari Rani Hatta mengusung tema baju rumah tapi yang tidak rumahan. Rani mengaku mengusung ide ini karena sudah terlalu lama bekerja dari rumah. Dengan adanya tren-tren baju rumah yang harus kece setiap virtual meeting, Hattaco pun tertarik untuk dijadikan koleksi terbarunya.

Koleksi yang kemudian diberima nama COCOOn ini menggabungkan tampilan formal dan kasual. Layering yang jadi unggulan, membuat koleksinya kali ini cocok digunakan di semua jenis acara. 

Dalam konferensi persnya, Hattaco mengatakan merancang baju rumah ini tidak hanya serta merta dipakai ketika di dalam rumah saja. Lebih dari itu, Hattaco mengusung konsep tetap bisa dipakai di luar rumah.

“Saya sengaja menggunakan bahan yang bagus yang anti kusut agar tetap mudah digunakan dalam meeting dan sekaligus bisa terlihat kece," tutur Rani Hatta.

Dalam penggunaan bahan, Hattaco mengutamakan kenyamanan. Namun untuk spesifik bahan, Hattaco kali ini mencari bahan yang tidak perlu untuk sering-sering disetrika, seperti katun dan sejenisnya. Menurutnya, baju rumah itu harus dikonsep sepraktis mungkin namun tetap harus terlihat kece.

Rani Hatta sebagai owner Hattaco juga turut merasakan dampak pandemi COVID-19 pada brand Hattaco miliknya. Pasalnya, Rani yang kerap kali dan senang berkeliling pabrik untuk mencari bahan yang sesuai dengan keinginannya, kali ini harus melaluinya lewat online saja. Sama halnya dengan proses saat photoshoot, yang biasanya bisa sangat ramai, saat ini Rani harus meminimalisir orang-orang dan full protokol kesehatan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, JFW 2021 juga akan dimeriahkan oleh karya-karya desainer lokal dan internasional. Untuk jumlah desainer, Lenni memperkirakan sekitar 61 label dan desainer yang akan berpartisipasi di JFW 2021.

Beberapa label dan desainer yang akan tampil di JFW 2021; antara lain Rani Hata, Restu Anggraini, Tities Sapoetra, Wilsen Willim, Amot Syamsurimuda, Jenahara, Kami, Lekat, Albert Yanuar, Yosafat Dwi Kurniawan, Calla the Label, Cotton Ink, Bateeq, hingga Rinaldy Yunardi (lewat lini Refounders). 

Untuk pertama kali JFW 2021 diadakan seratus persen secara virtual online mengingat kondisi pademi COVID-19. Keseluruhan acara mulai dari fashion show dan press conference akan dilakukan secara online yang bisa diakses di chanel Youtube Jakarta Fashion Week.

Shabrina Azzhafira

Add comment

Submit