Muslimahdaily - Dalam Alquran surah Ar-Rum ayat 21 Allah berfirman bahwa Allah telah menciptakan pasangan-pasangan dari setiap jenis makhluk ciptaan-Nya untuk dapat merasakan rasa kasih dan sayang. Selanjutnya dalam surah An-Najm ayat 45 Allah berfirman bahwa diciptakannya berpasang-pasangan antara wanita dan pria.

Jodoh adalah sebuah misteri kehidupan dan takdir yang dapat diubah sesuai dengan manusia. Dalam menjemput jodoh sudah seharusnya manusia melakukan ikhtiar terbaiknya karena pernikahan adalah ibadah terlama dan tidak selalu indah didalamnya

Salah satu metode menjemput jodoh yang dapat dilakukan sesuai dengan syariat islam adalah taaruf. Komunitas Taaruf Membangun Umat(KTMU) hadir sebagai mediator untuk memfasilitasi pasangan muda yang ingin menjemput jodohnya dengan cara taaruf.

“Awal mula dari komunitas KTMU digagas oleh Bapak Muhammad Fajar di tahun 2007 yang pengurusnya merupakan relawan dari Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa, tujuannya ingin membantu pasangan-pasangan muda dalam menjemput jodohnya secara islami. Kemudian di tahun 2014, karena banyaknya permintaan kami mulai untuk membuka pendaftaran taaruf secara online.” Tutur Rizka yang merupakan Humas dari KTMU kepada Muslimahdaily(07/10).

“Alhamdulillah sampai saat ini pendaftar KTMU semakin bertambah, terutama  pendaftar nisaa (wanita) untuk itu mereka harus bersabar dalam proses taarufnya. Apalagi saat ini taaruf sedang happening di kalangan generasi muda.” Tambah Rizka.

Sebagai salah satu fasilitator yang membantu pasangan muda dalam menjemput jodoh secara islami, tentu saja komunitas KTMU tidak sembarangan dalam melakukannya. Terdapat beberapa aturan yang sudah ditetapkan oleh pengurus KTMU dan harus dipatuhi oleh peserta taaruf.

“Karena tujuan dari taaruf adalah untuk mencapai jenjang pernikahan yang diharapkan sakinah, mawaddah dan warahmah,  sehingga prosedur  yang dilakukan harus sesuai syariat islam dan tidak boleh keluar dari koridor” tutur Rizka.

Salah satu aturan yang harus dipatuhi peserta adalah kami menerapkan gaya hidup yang baik yaitu, gaya hidup yang  tidak merokok, melakukan kekerasan, membuang sampah sembarangan, tidak mengkonsumsi narkoba, menjauhi seks sebelum menikah dan tidak minum-minuman alkohol.

Dalam proses taaruf, tidak serta merta para peserta langsung dipasangkan dan dikenalkan dengan pasangannya. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh peserta dalam proses taarufnya.  Proses awalnya adalah para peserta harus melakukan registrasi di website KTMU.org.

Saat proses registrasi harus menulis biodata diri dengan jujur dan realistis sesuai dengan kondisi. Selanjutnya pengurus KTMU akan menyeleksi biodata dan akan memanggil peserta terpilih untuk dilakukan interview di kantor KTMU.

Setelah melewati proses interview secara terpisah antara peserta laki-laki dan perempuan, selanjutnya akan dilakukan pembinaan agar para peserta siap secara mental untuk menghadapi pernikahan. Para peserta juga disarankan mengikuti kegiatan sosial dan pendidikan yang diadakan setiap akhir pekan oleh berbagai komunitas dibawah naungan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa.

Selanjutnya peserta akan dipasangkan sesuai dengan biodata dan kriteria yang telah ditulis. Selama proses taaruf, khitbah, hingga menuju jenjang pernikahan akan terus didampingi oleh KTMU.

“Selanjutnya jika pasangan tersebut telah menikah, pun tetap akan kami bina yaitu dengan pembinaan paska menikah bersama pasangan alumni KTMU lainnya. Jadi antara pasangan alumni KTMU kami adakan gathering untuk bisa saling sharing dan silaturrahmi.” Ujar Rizka.

Sejak berdirinya komunitas KTMU pada  tahun 2007 sampai saat ini, sudah banyak calon pasangan yang berhasil dijodohkan hingga jenjang pernikahan. Dalam wawancara dengan Muslimahdaily Rizka menyampaikan bahwa batas usia untuk mendaftar peserta KTMU adalah dia sudah baligh dan siap untuk menikah, dan terbuka juga bagi yang sudah berstatus janda maupun duda.

Rizka juga berpesan, khususnya bagi muslimah bahwa setiap wanita itu berharga dan harus pandai memilih lingkungan yang baik dan senantiasa menjaga diri. “Insya Allah dengan kita menjaga diri, maka Allah akan berikan kita jodoh yang terbaik. Perbanyak menimba ilmu dan bergaul dengan lingkungan yang baik pula. Tetap istiqomah dan terus belajar.” Pesan Rizka.

Bagi sahabat Muslimahdaily yang tertarik mendaftar menjadi peserta KTMU untuk menjemput jodohnya melalui proses taaruf bisa langsung mengunjungi website KTMU.org dan melakukan registrasi, jangan asal-asalannya ya menulis biodatanya.

Evi Hidayani

Add comment

Submit