×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Ledakan Besar di Beirut Lebanon Tewaskan Puluhan Warga dan Ribuan Lainnya Terluka

kondisi pasca ledakan di beirut, libanon kondisi pasca ledakan di beirut, libanon (foto: arabnews.com)

Muslimahdaily - Ledakan besar telah terjadi di Beirut Lebanon pada hari Selasa (4/8), setidaknya 73 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka.

Jendela-jendela pecah di seluruh ibukota Lebanon dan balkon-balkon berterbangan dari gedung-gedung apartemen ketika segumpal asap besar membumbung ke udara yang menurut para saksi mata mengingatkan mereka akan ledakan bom nuklir.

“Apa yang terjadi adalah seperti ledakan Hiroshima dan Nagasaki. Tidak ada yang tersisa, ”kata gubernur Beirut Marwan Abboud setelah memeriksa tempat ledakan, dilansir dari Arab News, Rabu (5/8).

Rumah sakit kota dipenuhi oleh korban yang terluka, dan jumlah kematian diperkirakan akan meningkat dalam semalam.

Ledakan itu dimulai sekitar pukul 6 sore. Berasal dari munculnya api di gudang pelabuhan, beberapa ledakan kecil seperti petasan, kemudian muncul satu ledakan besar yang mengirimkan gelombang kejut ke seluruh kota dan terdengar sejauh Siprus di Mediterania.

Segumpal asap putih berubah menjadi merah muda, lalu merah, dan api menyala selama berjam-jam.

Di antara bangunan yang paling terpukul adalah markas perusahaan listrik negara, EDL, tepat di seberang pelabuhan. Puluhan staf terluka, termasuk manajer umum perusahaan Kamal Hayek.

Penduduk yang terkejut mengalir ke jalan-jalan dari rumah mereka, banyak orang terluka terkena kaca terbang dan pintu serta perabotan yang rusak. Beberapa orang berjalan ke apotek terdekat, sementara korban yang lebih parah diangkut ke rumah sakit dengan mobil dan motor.

Para tentara mencoba membersihkan jalan-jalan warga sipil yang kebingungan, beberapa dari mereka basah kuyup dari kepala hingga kaki dengan darah mereka sendiri. Para sukarelawan membawa mereka yang selamat untuk mencari bantuan medis, menggunakan baju mereka sebagai perban.

Makrouhie Yerganian, seorang pensiunan guru yang telah tinggal di dekat pelabuhan selama beberapa dekade, mengatakan itu "seperti bom atom."

"Saya sudah mengalami segalanya, tetapi tidak seperti ini sebelumnya," bahkan selama perang saudara 1975-1990, katanya. "Semua bangunan di sekitar sini telah runtuh. Saya berjalan melalui kaca dan puing-puing di mana-mana, dalam gelap."

Kepala Keamanan Umum Abbas Ibrahim mengatakan. "Tampaknya ada gudang yang berisi bahan-bahan yang disita bertahun-tahun yang lalu, dan tampaknya itu sangat eksplosif." Para ahli mengatakan bulu-bulu asap merah menunjukkan bahan itu mungkin amonium nitrat, pupuk pertanian umum.

Pesan dukungan dan tawaran bantuan mengalir ke Libanon setelah ledakan. Kementerian Luar Negeri Saudi menyatakan belasungkawa terdalamnya kepada para korban ledakan Beirut.

Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab juga menyatakan bahwa hari ini, Rabu (5/8) sebagai hari berkabung.

 

Last modified on Kamis, 06 Agustus 2020 12:21

Leave a Comment