×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

5 Fakta Terbaru Seputar Virus Corona

Warga China mengantisipasi Coronavirus Warga China mengantisipasi Coronavirus ( Foto: AFP )

Muslimahdaily - Beberapa waktu belakangan, warga dunia dibuat khawatir dengan munculnya virus baru bernama korona. Virus yang muncul pertama kali di Wuhan, China kini tengah menyebar ke beberapa negara dan kini menghantui masyarakat Indonesia.

Berikut Muslimahdaily rangkum 5 fakta seputar virus corona yang kini disebut sebagai Novel Coronavirus atau 2019-nCoV:

1. Virus baru

Virus corona merupakan virus baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Virus ini biasanya berasal dari hewan. Walau demikian, ilmuwan menyatakan coronavirus dapat menyebar antar-hewan, hewan dengan manusia, hingga antar-manusia. Menurut perkiraan, virus corona dapat menyebar dengan prediksi setiap orang yang terinfeksi akan berpotensi menularkan ke dua atau tiga orang lainnya melalui kontaminasi udara.

2. Korban meninggal hingga 56 dan 13 Negara telah terinfeksi

Coronavirus muncul pertama kali di Wuhan. China, pada 31 Desember tahun lalu. Sejak saat itu, virus corona telah menyebar hingga beberapa negara. Di antaranya, Thailand, Jepang, Singapura, Taiwan, Malaysia, Vietnam, Nepal, dan Korea Selatan. Kemudian Pemerintah Kanada, Amerika Serikat, Perancis, Australia juga telah mengonfirmasi terinfeksi virus corona.

Setidaknya terdapat 56 orang meninggal akibat coronavirus dan lebih dari 2.000 telah dilaporkan di China saja. Sementara itu lima kasus dilaporkan di Hongkong, dan kasus kecil di negara-negara lain.

3. Gejala seperti influenza

Virus corona juga menjadi perhatian khusus lantaran gejala yang ditimbulkan mirip seperti gejala influenza. Orang yang terinfeksi coronavirus akan mengalami demam, batuk, pilek, gangguan penapasan, sakit tenggorokan, hingga letih dan lesu. Pada kasus berat, virus corona dapat mengakibatkan kegagalan organ hingga kematian.

4. Belum ada vaksin

Hingga saat ini, belum ditemukan vaksin untuk virus corona. Para ilmuwan memperkirakan vaksin baru dapat dihasilkan setidaknya dalam waktu satu tahun.

5. Cara pencegahan

Walau belun ditemukan vaksinnya. Virus corona dapat dicegah. Berdasarkan imbauan yang diedarkan oleh Kementrian Kesehatan RI, berikut cara pencegahan virus corona:

- Sering cuci tangan menggunakan sabun
- Menggunakan masker apabila batuk dan pilek
- Mengonsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak sayuran serta buah-buahan
- Hindari mengonsumsi daging yang tidak dimasak
- Rajin olahraga dan istirahat cukup
- Bila batuk, pilek, dan sesak napas, segera pergi ke fasilitas layanan kesehatan.

Last modified on Senin, 27 Januari 2020 10:15

Leave a Comment