×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Kebersamaan Para Jurnalis Berhijab Lintas Media

Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Dokumentasi Pribadi

Muslimahdaily - Berasal dari media yang berbeda bukanlah sebuah halangan bagi para jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) untuk menjadi satu keluarga. Kebersamaan dan kekompakan KJB terlihat saat para jurnalis lintas media ini tengah berkumpul bersama di kawasan Sudirman, Jakarta, Sabtu (30/01/2018).

Salah satu hal yang paling unik dari komunitas ini adalah, mereka saling berbagi pengalaman liputan masing-masing meskipun berasal dari media yang berbeda. Diskusi lintas media berpadu dengan silaturahmi jurnalis hijabers ini dipandu oleh editor Republika, Ratna Puspita. Pada kesempatan tersebut, mereka saling berbagi suka duka saat melakukan tugas peliputan.

“Meskipun kita berasal dari media yang berbeda-beda tetapi kami selalu kompak dalam satu komunitas,” jelas Trifty Qurrota, selaku Ketua KJB.

Komunitas ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan organisasi jurnalistik lainnya. Selain menjadi wadah berbagi tentang jurnalistik, KJB juga merupakan wadah belajar mengenai nilai-nilai keislaman dan sarana mempererat ukhuwah islamiyah.

Metode pembelajaran Islam di KJB kali ini terbilang unik, yaitu melalui permainan zakat board games. Tema yang diusung dalam silaturahmi para jurnalis berhijab saat itu adalah pemahaman tentang zakat. Games islami yang unik ini menyerupai permainan monopoli, hanya saja aturan mainnya adalah mengenai zakat.

Tak hanya memahami ajaran Islam melalui cara yang unik, para jurnalis ini juga mendapatkan pelajaran mendalam tentang islam melalui tausiyah yang disampaikan Dewan Pengawas Syariah Inisiatif Zakat Indonesia, Ustad Mohammad Suharsono.

“Senang sekali bisa ikut acara KJB hari ini, selain memperdalam ilmu agama, saya juga bisa memperluas jaringan saya bersama jurnalis lain dari beragam media. KJB merupakan sebuah keluarga,” terang Selly salah satu anggota KJB.

Selalu memiliki partner dalam mengadakan even untuk membernya, KJB menggandeng Brand Hijab Suqma dan Moeslema.com, untuk bersama-sama mengajak para jurnalis lintas media melakukan olah raga otak melalui Focus Group Discussion bertemakan produk kecantikan halal. KJB berhasil menyatukan para jurnalis berhijab dari beragam media sehingga menjadi satu keluarga melalui serangkaian acara positif.

Last modified on Rabu, 04 Juli 2018 10:05

Leave a Comment