Mengenal Ibtihaj Muhammad, Atlet Anggar Berhijab Pertama di Amerika

By March 24, 2016 0

Muslimahdaily - Ibtihaj Muhammad belakangan menjadi berita utama lantaran kasus diskriminasi yang dialaminya. Muslimah pertama yang akan membawa nama AS di olimpiade Rio ini sempat mendapat perlakuan tidak menyenangkan karena mengenakan hijab. Beruntung, pihak panitia sudah meminta maaf dan memberi hukuman pada panitia yang melakukan diskriminasi pada Ibtihaj. Siapa Ibtihaj Muhammad?

Adalah Ibtihaj Muhammad, seorang atlet anggar wanita pertama di Amerika Serikat yang menggunakan hijab. Ia merupakan atlet dengan segudang prestasi dan tercatat sebagai salah satu atlet terbaik di dunia beberapa tahun belakangan.

Ibtihaj lahir pada 4 Desember 1985 di New Jersey, Amerika. Wanita berdarah Afrika-Amerika ini tumbuh di keluarga muslim dengan 4 saudara. Karena itu, Ibtihaj kecil sudah terbiasa menutupi tubuhnya dengan pakaian panjang sebagaimana disyariatkan Islam.

Ketertarikannya di dunia olahraga pedang atau anggar bermula ketika ia melihat para pemain anggar saat ingin berangkat sekolah. Ibtihaj langsung tertarik karena pemain anggar menutupi semua tubuhnya dengan rapat. Di usianya yang ke-13, Ibithaj pun masuk ke Columbia High School di Maplewood dan bergabung dalam tim anggar.

Sejak saat itu, bakat Ibtihaj terus terlatih dan memperlihatkan hasil yang mengagumkan. Ibtihaj Muhammad berhasil meraih sederet prestasi membanggakan. Beberapa di antaranya adalah juara ketiga USA Fencing National Championship pada 2015, meraih medali emas untuk Senior World Championship pada 2014, juara pertama Antalya Wolrd Cup 2014, dan lain sebagainya.

Prestasinya yang gemilang itu membawa karirnya terus meroket di kancah dunia. Ibtihaj sedang mempersiapkan diri untuk mewakili Amerika di ajang Olimpiade Rio pada Agustus 2016 mendatang.

Tak hanya sebagai seorang atlet, Ibtihaj Muhammad ternyata juga seorang pebisnis. Hobinya yang beragam, mulai dari olahraga sampai jalan-jalan, bekerja, dan bahkan menyukai dunia politik bisa membuatnya sibuk di bidang lain. Ibtihaj merupakan pengusaha di bidang mode dan sudah memiliki fashion brand sendiri.

Louella merupakan brand fashion besutan Ibtihaj Muhammad yang memproduksi berbagai jenis pakaian muslimah. Wanita 30 tahun ini sering menjadi model untuk brand-nya sendiri. Ibtihaj membuka bisnis ini dengan latar belakang pengalamannya yang kesulitan mencari pakaian panjang di Amerika. Ia pun mengikuti tren pakaian muslimah dunia dan hingga saat ini, sudah banyak koleksi yang dirilis untuk membantu muslimah di Amerika dalam berhijab.

Last modified on Saturday, 26 March 2016 03:45

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama