Bahas Insecure, Muslimahdaily Community Angkat Sisi Psikologi dan Islam

Muslimahdaily Community Muslimahdaily Community ( Foto: Dok. MDC )

Muslimahdaily - Saat ini, telah terbentuk banyak komunitas terlebih yang ditargetkan khusus bagi para muslimah. Sama seperti Muslimadaily Community yang dibentuk pada bulan Maret 2020 kemarin. Pada awalnya, banyaknya para muslimah yang meluapkan keresahannya lewat media sosial menjadi salah satu alasan terbentuknya MDC ini.

Meningkatnya pengikut dan pembaca setia Muslimahdaily membuat Rosydah, selaku pendiri memutuskan untuk membuat komunitas ini.

“Sayang kalau pembaca dan pengikut setia cuma sekedar lalu lalang saja, dengan dibangunnya Muslimadaily Community ini diharapkan mereka bisa merasa dekat dan terus keep in touch dengan kita,” ujar Rosyidah saat diwawancarai. 

Pendirian komunitas MDC yang baru ini juga sebagai salah satu wadah bagi para muslimah di kala pandemi ini. Terlebih mereka yang tidak bisa keluar rumah dengan bebas tetapi tetap ingin belajar dan berbagi soal keislaman.

Terdapat tagline yang selalu dipegang dalam komunitas MDC ini, yaitu 3 ing alias "sharing, caring, dan inspiring". "Sharing" disini dimaksudkan bahwa komunitas MDC hadir untuk para muslimah agar dapat saling berbagi informasi, pengetahuan, cerita atau curhatan.

Sedangkan "caring" mengarah pada nilai-nilai yang ditanamkan dalam komunitas ini, bahwa para muslimah yang bergabung bisa saling menunjukkan kepeduliannya satu sama lain. Untuk "inspiring" sendiri menunjukkan bahwa masing-masing anggota komunitas MDC memiliki cerita masing-masing yang tentunya bisa memotivasi dan menginspirasi satu sama lain.

Begitu banyak program menarik yang dibuat Muslimadaily Community seperti challenge, satu hari satu kebaikan yang mana setiap hari akan diberikan reminder, kemudian sharing time yang dilakukan via WhatsApp dan juga curhat time via Zoom.

Baik sharing time dan curhat time mendapat antusias yang luar biasa dari anggota komunitas MDC. Dalam program ini akan diberikan materi yang isinya memadukan ilmu pengetahuan umum dan juga ilmu keislaman. Salah satu materi yang disampaikan beberapa waktu lalu adalah mengenai topik insecure.

Rosyidah juga mengomentari, topik insecure memang isu yang menarik dan terus ramai dibicarakan apalagi di era media sosial seperti sekarang.

“Banyak yang antusias dan mencurahkan semuanya. Ada yang menyedihkan, ada yang insecure karena usia dan ditanyain kapan nikah, ada yang masih kerja kontrak sedangkan teman-temannya sudah lebih sukses. Akhirnya aku buat materi yang memadukan ilmu psikologi dan islam untuk pembahasan insecure ini,” cerita Rosyidah.

Dalam sesi sharing dan curhat, Rosyidah banyak menanamkan nilai psikologi tetapi tetap dibarengi dengan penguatan ilmu agama.

“Saat kemarin sesi curhat mengenai insecure, aku berusaha mengarahkannya ke nilai islami. Aku bilang, ‘Jangan sampai kita terlalu mementingkan kata orang lain sampai lupa hakikat asli kita diciptakan itu untuk bertakwa dari Allah, karena penilaian dari Allah yang paling penting," ujar Rosyidah.

Sebagai komunitas, MDC berusaha untuk menemani dan memberikan wadah terbaik bagi para muslimah yang memiliki permasalahan, bukan hanya soal insecure tetapi hal lainnya juga. Rosyidah ingin dalam komunitas MDC bisa saling menguatkan dan menyemangati satu sama lain sehingga terjalin ikatan kekeluargaan.

Kedepannya, Rosyidah memiliki rencana untuk memperluas jangkauan MDC agar bisa diikuti oleh para muslimah lainnya.

Selain itu juga di MDC ingin memfokuskan untuk pengembangan skill para muslimah seperti public speaking, menulis, dan lainnya. Rosyidah juga menuturkan ingin membuat tim khusus dalam MDC seperti tim kreatif dan konten sampai kolaborasi dengan komunitas muslim atau muslimah lainnya.

Melihat antusias yang mengikuti kelas inscure, Rosyidah & tim Muslimahdaily kembali mengadakan kelas online "Hilangkan inscure, Mulai Cintai Diri Sendiri" Batch 2. Hanya bayar 50 ribu kamu akan mendapatkan modul ekslusif+ banyak bonus, lho! Sayang kalau dilewatkan.  Daftarkan segera dengan format MAI_ Nama_ Usia_ wa dan email ke whastapp 083823299595 yaa.

Last modified on Minggu, 20 September 2020 15:16

Leave a Comment