Travelling Saat Ramadhan, Coba 5 Destinasi Berikut Ini

Masjid Amirul Mukminin, Indonesia Masjid Amirul Mukminin, Indonesia ommons.wikimedia.org

Muslimahdaily - Bulan Ramadhan telah tiba, bulan penuh berkah dan ampunan yang sudah ditunggu-tunggu umat Islam. Bulan Ramadhan diisi dengan memperbanyak ibadah wajib dan sunnah. Datangnya bulan Ramadhan tentu tidak menjadi halangan untuk melakukan wisata atau jalan-jalan, karena tidak ada salahnya jika berwisata sembari berpuasa asalkan dilakukan pada saat sore hari.

Berikut ini adalah rekomendasi wisata yang dapat dilakukan saat Bulan Ramadhan.

1. Wisata Masjid

Mengunjungi berbagai masjid yang ada di sekitar tempat tinggal dapat menjadi pilihan untuk berwisata religi pada saat bulan Ramadhan. Dengan mengunjungi masjid, dapat menambah wawasan pengetahuan seputar sejarah dari berdirinya masjid, hal-hal unik yang ada pada masjid, berkenalan dengan warga disekitar masjid. Bonusnya, sajian takjil gratis saat berbuka puasa.

Berwisata berkeliling masjid selain dapat menenangkan hati dan pikiran. Bertemu dengan orang-orang yang khusyuk ibadah di masjid dapat menumbuhkan semangat dalam diri untuk semakin meningkatkan nilai ibadah.

Daerah Jabodetabek dan sekitarnya memiliki banyak masjid-masjid unik dan bersejarah yang wajib dikunjungi. Masjid Sunda Kelapa di Menteng, Masjid Istiqlal di Juanda, Masjid Al-Mahri di Depok, dan Masjid Raya Bogor di Bogor bisa jadi salah satu pilihan.

2. Wisata kuliner

Waktu adzan magrib adalah hal yang ditunggu-tunggu saat puasa sebagai waktu berbuka setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Biasanya jika Ramadhan tiba, terdapat pasar kaget tumpah yang dimanfaatkan oleh pedagang-pedagang untuk berjualan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Sembari menunggu waktu berbuka puasa, berwisata kuliner untuk menentukan menu berbuka tidak ada salahnya, asalkan tidak lapar mata dan membeli secukupnya. Pasar kaget di sekitar kawasan Masjid Sunda Kelapa dan Bendungan Hilir menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk berwisata kuliner dan ngabuburit saat bulan Ramadhan.

3. Mengunjungi Kota Tua

Mengunjungi kawasan kota Tua di sore hari sembari menunggu berbuka puasa tidak ada salahnya. Meskipun sore hari museum-museum di kawasan kota Tua sudah tutup, akan tetapi masih banyak penjual makanan, mainan, dan hiburan-hiburan.

Disamping itu bangunan-bangunan unik yang terdapat kawasan Kota Tua sangat menarik untuk latar berfoto menjadi daya tarik tersendiri. Menghabiskan waktu ngabuburit di Kota Tua tidak ada salahnya, jika watu berbuka tiba terdapat kafe-kafe yang menyajikan menu berbuka puasa serta jangan lupa untuk sholat magrib di Masjid Azzawiyah di Pekojan, Tambora.

4. Taman Kota

Proyek penghijauan yang dijalankan pemerintah diwujudkan dengan dibangunnya kawasan taman kota di beberapa wilayah. Saat ini di DKI Jakarta sudah banyak taman kota yang dibuat sedemikan menarik dan dibuka untuk umum. Seperti Taman Suropati dana Taman Menteng di Jakarta Pusat.

Menghabiskan waktu sore hari bulan Ramadhan di Taman Kota sembari menunggu waktu berbuka puasa tidak ada salahnya. Berfoto-foto di antara tanaman, duduk-duduk santai sembari membaca A-Qur’an di bangku taman dapat menyegarkan pikiran.

Hal yang harus diperhatikan adalah sebagai pengunjung kita wajib untuk menjaga kebersihan dan dilarang untuk merusak tanaman. Biasanya, disekitar taman kota banyak pedagang-pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman sehingga pengunjung dapat membeli makanan untuk berbuka. Jangan lupa untuk sholat magrib di masjid yang sekitar.

5. Pantai

Pemandangan saat matahari terbenam di pantai memang sangat indah. Untuk itu, menghabiskan waktu sore hari di pantai tidak ada salahnya. Pada saat Ramadhan mengunjungi pantai pada sore hari sembari menunggu berbuka puasa tiba dapat menjadi alternatif wisata.

Jika siang hari cuaca pantai cenderung panas dan menyebabkan cepat haus, sedangkan sore hari sudah lebih adem dan sejuk. Bermain-main dengan pasir pantai dan air laut dapat menjadi hiburan tersendiri, asalkan air laut jangan sampai tertelan.

Leave a Comment