Pemilik Kulit Sensitif, Sebaiknya Hindari 3 Bahan Skincare Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, pernakahkah kamu mengalami breakout saat mencoba skincar baru. Munculnya breakout ini memang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena tidak cocon dengan kandungan yang terdapat dalam produk tersebut.

Terlebih lagi bagi pemilik kulit sensitif yang harus ekstra hati-hati dalam memilih produk skincare. Bagi Sahabat Muslimah yang bertipe kulit sensitif, ada beberapa bahan skincare yang sebaiknya dihindari agar tidak muncul breakout dan iritasi.

Bahan apa sajakah itu? Berikut daftarnya yang Muslimahdaily rangkum dari laman HerStory. Yuk simak!

Fragrance

Bahan utama yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif adalah fragrance atau parfum. Produk skincare yang mengandung wewangian justru akan membuat kulit sensitif jadi iritasi, kemerahan, dan memicu munculnya beruntusan. Dampak yang paling parah bahkan dapat menyebakan gatal-gatal, peradangan pada kulit, dan menganggu sistem pernapasan.

Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk skincare yang tidak mengandung fragrance, ya Sahabat Muslimah.

Paraben

Bahan selanjutnya yang harus dihindari adalah paraben. Bahan ini merupakan bahan pengawet yang biasanya muncul pada produk skincare, kosmetik, dedodoran, sabun, tabir surya, dan produk kecantikan lainnya.

Bahan paraben dapat menyebabkan alergi pada tipe kulit sensitif. Alergi tersebut biasanya ditandai dengan munculnya gatal, kemerahan, kering dan bersisik, hingga melepuh.

Dalam produk kecantikan, paraben biasanya ditulis dengan nama-nama seperti methylparaben, propylparaben, butylparaben, ethylparaben, 4-hydroxy methyl ester benzoic acid, atau methyl 4-hydroxybenzoate.

Scrub

Selain dua bahan di atas, scrub juga merupakan bahan yang sebaiknya dihindari. Scrub biasanya berbentuk bulir bulir halus yang muncul di produk skincare.

Kandungan scrub memang ditujukan sebagai eksfoliator wajah untuk mengangkat kulit mati. Namun, karena teksturnya yang kasar, scrub justru dapat merusakn skin barrier kamu, nih Sahabat Muslimah. Sementara di kulit sensitif, scrub dapat memicu ruam dan kemerahan.

Nah itu tadi beberapa bahan skincare yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Mulai sekarang, Sahabat Muslimah harus selalu memperhatikan kandungan suatu produk, ya.

Leave a Comment