Bersepeda vs Jogging Mana yang Lebih Baik Untuk Wanita?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Latihan kardiovaskular seperti bersepeda dan jogging hanyalah salah satu bagian dari rencana penurunan berat badan yang efektif. Kombinasi dari latihan kardiovaskular yang konsisten diiringi kebiasaan makan sehat, akan membantu efektivitas penurunan berat badan.

Bersepeda dan jogging masing-masing menawarkan latihan kardiovaskular yang efektif, membakar kalori, meningkatkan kapasitas aerobik Anda, mengurangi detak jantung istirahat Anda dan meningkatkan berat badan. Untuk mengetahui manakah yang lebih baik, baca terus info menarik seputar bersepeda dan jogging berikut.

Rekomendasi Latihan

American College of Sports Medicine dan American Heart Association merekomendasikan bahwa orang sehat di bawah umur 65 tahun harus melakukan cardio intensitas sedang selama 30 menit sehari, 5 hari seminggu, atau cardio intens intens selama 20 menit sehari, 3 hari seminggu.

Rekomendasi ini untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit kronis; termasuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal.

Bersepeda

Bersepeda dianggap sebagai latihan yang tidak terlalu berat dan cocok untuk wanita. Selama mengayuh sepeda, Anda akan sama seperti melakukan gerakan aerobik karena dapat meningkatkan denyut jantung sembari menempatkan titik berat pada bagian tungkai dan kaki.

Dari perspektif penurunan berat badan, tujuan aktivitas fisik adalah membakar kalori yang menurunkan berat badan. Bagi orang yang beratnya 150 kg, bersepeda statis dengan kecepatan sedang membakar 476 kalori per jam.
Sementara itu, bersepeda di luar ruangan dengan kecepatan ringan, sekitar 10 hingga 11,9 meter per jam dapat membakar 408 kalori per jam.

Jogging

Beralih ke jogging yang tergolong sebagai latihan menahan beban, dilakukan sambil berdiri dengan kekuatan otot kaki. Otot dan tulang kaki bekerja melawan gravitasi. Saat otot menarik tulang, tulang membangun lebih banyak sel; peningkatan sel-sel tulang menghasilkan tulang yang lebih kuat dan pengurangan fraktur sendi yang lebih fleksibel.

Jogging adalah kegiatan yang efektif untuk membakar kalori untuk menurunkan berat badan. Bagi orang dengan berat 68 kg, kecepatan lari 5 meter per jam dapat membakar 544 kalori per jam. Sedangkan, peningkatan kecepatan 10,9 meter per jam membakar 1.225 kalori per jam.

Penurunan berat badan

Wanita umumnya sangat memperhatikan urusan penampilan tubuhnya. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ramping dan ideal, aktivitas fisik dan diet sehat harus diterapkan sebagai gaya hidup.

Dengan aktivitas seperti bersepeda atau jogging, Anda dapat mengurangi sekitar 500 kalori per hari.

Bahkan, hanya perlu mengayuh sepeda dengan kecepatan sedang atau jogging santai, Anda sudah mampu meningkatkan kesehatan tubuh dalam jangka panjang dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Jadi, antara bersepeda dan jogging, manakah yang terbaik untuk Anda? Keduanya ternyata sama – sama memberikan manfaat bagi kesehatan dan penurunan berat badan. Jadi, silakan memilih aktivitas latihan yang Anda sukai.

Leave a Comment