7 Tips Agar Tidur Kita Lebih Nyaman dan Berkualitas

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setelah menjalani kepadatan kegiatan tentunya semua orang membutuhkan istirahat terutama tidur malam. Tidur malam selama 7 – 8 jam menjadi obat terbaik untuk sebagian besar masalah yang perlu kita hadapi.

Perlu diketahui, selama kita tidur, tubuh akan memperbaiki sel – sel yang rusak dan membuat kemampuan fungsi organ – organ tubuh pulih seperti yang seharusnya. Sayangnya, terkadang karena kesibukan jadwal dan pekerjaan, menuntut seseorang untuk begadang atau lembur hingga larut.

Alhasil, kita jadi kurang tidur dan kurang fokus saat bekerja. Untuk itu kita perlu beristirahat dengan tenang terutama tidur malam dengan nyaman sehingga saat pagi hari kita bisa beraktivitas dengan semangat tanpa merasa lemas lagi. Intip 7 cara agar tidur kita lebih nyaman dan pulas sebagai berikut.

1.Kurangi penggunaan gadget

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, manusia semakin sulit untuk lepas dari yang namanya gadget baik tua maupun muda. Pengurangan diri dalam memakai gadget disini bukan menjauhkan diri sepenuhnya sehari dari gadget namun hanya beberapa saat sebelum tidur.

Cobalah taruh smartphone anda di meja sebelah tempat tidur supaya besok bisa mendengar alarm. Cek semua notifikasi dan balaslah pesan atau email yang penting atau bahkan melihat story teman di Instagram. Setelah itu, hentikan semua kegiatan tersebut 1 jam sebelum tidur. Untuk mengisi waktu luang tersebut, kita bisa contohnya membaca buku atau menulis diary tentang kegiatan kita selama sehari.

2.Mandi air hangat

Dengan mandi air hangat tubuh kita akan terasa lebih rileks. Tentunya saat kita mandi ari hangat akan sedikit meningkatkan suhu tubuh kita. Langsung keringkan tubuh dengan handuk agar tubuh mendingin dengan cepat begitu keluar dari kamar mandi.

Hal tersebut akan membuat tubuh lebih rileks dan bisa membuat terlelap lebih cepat dari biasanya.

3.Tidur sebelum jam 11 malam

Tidur yang baik adalah tidur dengan waktu 8 jam. Tidur merupakan cara penting untuk beristirahat, mengisi ulang dan memberi nutrisi bagi tubuh dan pikiran. Tiap orang pastinya berbeda namun kita cenderung akan merasa lelah secara alami antara jam 10.45 malam hingga jam 11 malam.

Jika sudah merasa lelah maka ikuti jam biologis kita untuk tidur agar saat pagi kita bisa bangun dengan lebih segar.

4.Jangan olahraga 2 jam sebelum tidur

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang harus kita lakukan agar tubuh tetap sehat. Namun jangan berolahraga 2 jam sebelum tidur karena dengan berolahraga akan membangun energi dan meningkatkan kadar kortisol sehingga membuat kita lebih lama untuk terlelap. Jika ingin menyehatkan badan kita bisa mencoba yoga atau semacamnya.

5.Temperatur ruangan tepat

Salah satu hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah temperatur kamar tidur agar berada di temperature yang tepat sehingga menciptakan suasana yang nyaman. Cari suhu yang paling sesuai dengan diri masing-masing dan pertahankan setiap hari.

6.Tidur dalam ruangan segelap mungkin

Sinar matahari akan menghambat pelepasan hormone melatonin di otak kita. Melatonin sendiri merupakan hormone alami yang dikeluarkan darah selama kegelapan dan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan kurang waspada.

Maka tidurlah dalam ruangan segelap mungkin agar hormone melatonin terlepas.

7.Hindari kafein setelah jam 1 siang

Kafein seperti kopi yang diminum 6 jam sebelum tidur akan mempengaruhi siklus tidur kita. Semakin jauh jarak minum kopi dan jam tidur kita maka semakin baik dan nyenyak tidur kita.

Dengan begitu kita tidak perlu memaksakan tidur yang akan membuat tidur kita tidak nyaman.

Semoga Anda bermimpi indah dan tidur nyaman malam ini, yaa..

Last modified on Rabu, 16 Januari 2019 03:00

Leave a Comment