5 Buah Ini Ternyata Bisa Detoks Racun Dalam Tubuh Loh!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Detoks merupakan suatu proses pengeluaran toksin beracun dari dalam tubuh. Dalam aktivitas sehari-hari  tubuh kita seringkali terpapar oleh racun, baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Detokstifikasi diperlukan untuk mengeluarkan racun-racun berbahaya yang terdapat di dalam tubuh kita. Selain itu, dengan detokstifikasi kita dapat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh, mencegah datangnya penyakit, dan membuat kulit juga rambutmu indah.

Cara termudah yang dapat dilakukan untuk detokstifikasi adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, buah-buahan merupakan sumber utama vitamin dan mineral penting yang dapat  memberikan antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan membantu proses detoksifikasi. Berikut daftar buah-buahan yang dapat membantu detokstifikasi:

1.Apel

Apel merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin, serat dan mineral. Kandungan fitokimia dan pektin pada apel dapat membantu mengeluarkan detoks dari dalam tubuh, pektin dapat membantu mengurangi zat adiktif juga logam dari dalam tubuh. Selain itu, asam dalam apel (malic dan tartaric) mampu memperlancar proses pencernaan. Sebaiknya apel dikonsumsi mentah beserta kulitnya karena memiliki kandungan vitamin C dan serat yang baik.

2.Lemon

Buah yang dikenal dengan rasa asamnya ini, sudah sejak dulu dikenal sangat efektif mengeluarkan dan membersihkan racun dalam tubuh. Buah lemon yang berasal dari keluarga citrus menjadikan buah ini kaya akan sumber vitamin C. Caranya cukup mudah cukup potong buah lemon menjadi beberapa bagian lalu campurkan pada air hangat, cocok dikonsumsi pada pagi hari sebelum beraktifitas.

3.Berries

Keluarga berries seperti strawberry, blueberry, blackberry,dan raspberry merupakan sumber vitamin C. mengkonsumsi keluarga berries ini akan menghasilkan butirat, yang merupakan asam lemak yang dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih ramping. Cara terbaik untuk mengkonsumsinya adalah dengan membuatnya menjadi jus atau mencampurkannya dengan oat untuk sarapan di pagi hari.

4.Nanas

Buah yang kaya akan bromelain ini mampu membantu melancarkan pencernaan, meredakan peradangan radang sendi, dan mempercepat pemulihan dari cedera. Nanas dapat langsung dikupas dan dikonsumsi segar. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi nanas kalengan karena tidak terdapat bromelain di dalamnya.

5.Papaya

Kandungan enzim papain pada pepaya akan membantu memecah protein dan pencernaan. Kandungan vitamin A, C, magnesium, dan potassium menjadikan pepaya sebagai  antioksidan alami yang baik melawan flu. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan betakaroten yang mana dikenal baik dalam mencegah kanker paru-paru dan mulut. Papaya baik dikonsumsi dalam keadaan segar.

Nah, itulah beberapa daftar buah-buahan yang dapat membantu mengeluarkan toksin pada tubuhmu. Mulailah melakukan detoks dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan juga rutin berolahraga.

Last modified on Kamis, 27 Desember 2018 00:07

Leave a Comment