7 Rahasia Mudah Hindari Stres dan Makin Tampak Awet Muda

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Stres adalah kondisi dimana tubuh mengalami tekanan baik secara fisik maupun mental. Stres dapat menyerang siapa saja dengan rentang usia yang beragam. Stres sendiri timbul dari beragam penyebab, salah satunya adalah tekanan di dunia kerja, bullying, masalah ekonomi, masalah keluarga dan sebagainya.

Kondisi ini tidak hanya berpengaruh pada mental, namun juga berimbas pada kesehatan orang yang bersangkutan. Untuk menghindari kondisi ini, anda dapat menerapkan 7 cara mudah atasi stress tanpa obat-obatan:

1.Buat buku pribadi

Diary, jurnal, catatan, notes, atau apapun itu dapat menjadi opsi tempat untuk menuangkan seluruh keluh kesah yang anda punya.

Metode menulis ini cukup efektif untuk mengurangi gejala stres yang mungkin anda dapat dari lingkungan sekitar. Lebih baik lagi jika anda mengubahnya menjadi cerita layak baca yang punya potensi untuk di publikasikan.

Cara ini adalah metode pengalihan emosi untuk menghindari tindakan-tindakan diluar batas. Anda bisa menceritakan apasaja, pendapat anda tentang seseorang atau peristiwa lain yang anda dapatkan.
Sebagian orang merasa lebih baik dengan cara ‘menulis’, fikiran lebih enteng dan hati menjadi lebih plong.

2.Relaksasi tubuh dengan aromaterapi

Beraktifitas seharian penuh mungkin membuat fikiran kita menjadi berat dan lelah. Dalam kondisi ini mood menjadi berantakan dan berubah-ubah. Untuk mengatasinya, aromaterapi bisa menjadi alternatif tepat untuk merelaksasi tubuh dan fikiran.

Salah sau aromaterapi yang bisa dipilih adalah minyak lavender, aromoa ini mampu mengurangi frekuensi detak jantung berlebih dan menormalkan tekanan darah sehingga otot dan otak menjadi rileks.

3.Berendam air hangat

Badan pegal dan banyak pikiran dapat dihilangkan dengan berendam di air hangat. Cara ini sangat efektif untuk menenangkan fikiran seseorang dan membuatnya reda kembali.

Berendam di air hangat membantu tubuh untuk rileks dan terasa lebih ringan. Air rendaman yang digunakan dapat dicampur dengan minyak mawar, susu, atau kelopak bunga lainnya, efeknya akan semakin terasa di tubuh.

4.Me-Time

Me-time adalah waktu dimana anda dapat melakukan berbagai hal yang anda senangi. Ini seperti hadiah bagi tubuh setelah dipakai beraktifitas sepanjang hari.

Me-time juga berarti memanjakan diri dan meninggalkan sejenak pekerjaan anda. Cara ini dapat dilakukan dengan marathon film, membaca buku, shopping, pergi kesalon, bermain dengan hewan peliharaan atau aktivitas sederhana lainnya.

Luangkan waktu bagi tubuh dan otak untuk bersenang-senang, dengan begini anda akan terhindar dari resiko stress.

5.Diet media sosial

Gejala stres atau tertekan bisa didapat dari pengaruh dunia maya. Tak terkecuali, di bidang sosial media. Terlebih jika Anda adalah seorang influencer atau orang yang memiliki banyak follower di sosial media, maka ada baiknya jika memberi waktu bagi tubuh untuk lepas dari gadget.

Lupakan kehidupan maya sejenak, dan lakukan aktivitas lain di lingkungan sekitar. Bagi kaum wanita, ganti bermain gadget dengan melakukan perawatan diri. Seperti menggunakan masker, atau memasak. Cara ini digunakan agar pikiran tidak terus-menerus fokus pada dunia maya.

6.Libatkan diri dengan aktivitas religi

Cara efektif menghindari stres lainnya adalah dengan melakukan aktivitas religi. Sebagai seorang muslim contohnya, anda dapat menenangkan fikiran dengan membaca lantunan ayat Al-Quran.

Bahkan, hanya dengan beberapa ayat pikiran anda bisa langsung tenang. Jika masalah berat yang sedang anda hadapi, maka lakukan sholat di sepertiga malam dan mintalah petunjuk kepada Allah.

7.Cari orang kepercayaan

Memendam sendiri itu memang tidak enak. Meskipun beberapa orang memilih untuk tidak melibatkan pihak lain dalam masalah yang mereka punya.

Tapi, ‘curhat’ dengan orang kepercayaan adalah cara ampuh untuk menenangkan fikiran dan mengeluarkan unek-unek. Pastikan dulu bahwa anda bercerita pada orang yang tepat dan mampu memberikan solusi.

Berceritalah dalam tahap wajar atau menceritakan yang perlu diceritakan. Ingatlah, bahwa Anda masih harus memiliki privasi. Orang lain hanya sekedar menjadi tempat anda untuk berbagi cerita.
Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk menghindari stres, ya..

Last modified on Kamis, 15 November 2018 03:58

Leave a Comment