4 Tips Memilih Sikat Gigi Yang Baik Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menyikat gigi merupakan salah satu kegiatan yang pasti dilakukan oleh kita, tentunya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bahkan bukan hanya itu, menyikat gigi juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penyakit gusi dalam mulut merupakan faktor resiko utama yang akan menyebabkan berkembangnya penyakit serius dalam tubuh, salah satunya jantung dan diabetes.

Untuk menunjang kebersihan gigi, kita pasti membutuhkan sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan gigi kita. Walaupun saat ini sudah banyak jenis hingga merk sikat gigi yang tersebar, ada baiknya kamu mengetahui jenis sikat gigi yang baik, manfaat hingga cara merawatnya.

Berikut beberapa tips untuk memilih sikat gigi yang sehat untuk kamu :

- Ukuran Kepala Sikat Gigi

Sikat gigi berukuran sedang nampaknya akan menjadi pilihan terbaik. Jika ukuran kepala sikat terlalu besar dikhawatirkan akan tidak bisa menjangkau bagian belakang gigi. Padahal bagian geraham belakang adalah tempat untuk mengunyah makanan, tentunya akan banyak sisa makanan disana.

Dikutip dari webmd.com bagi kebanyakan orang dewasa, kepala sikat gigi yang memiliki lebar setengah inci dan tinggi satu inci akan paling mudah digunakan dan paling efektif. Salah satu akibat kesalahan memilih ukuran kepala sikat adalah gusi berdarah karena tersogok terlalu sering, jadi harus tetap hati-hati ya.

- Variasi Bulu Sikat

Jika kamu termasuk orang yang teliti, di setiap bungkus sikat gigi pasti tertulis jenis bulu sikat yang digunakan. Terdiri dari tiga, Soft (halus), medium (sedang), dan hard (keras). Sebagian besar orang pasti akan memilih jenis sikat gigi dengan bulu halus. Karena pastinya ia akan terasanya nyaman dan memang paling aman.

Tapi itu semua tergantung pada seberapa keras kamu  menyikat gigi dan kekuatan gigi. Untuk perlindungan gigi yang lebih baik saat menyikat, pastikan bulu sikat gigi yang kamu pilih memiliki ujung bulat ya.

- Gagang Sikat Gigi

Salah satu bagian dari sikat gigi ini juga menjadi salah satu syarat kenyamanan. Usahakan untuk memilih sikat gigi dengan gagang yang nyaman dipegang selama 3 menit ya. Waktu itu adalah waktu ideal untuk menyikat gigi. Jangan lupa untuk tidak terlalu kerasa saat menyikat gigi, khawatir akan menyebabkan luka pada gusi.

- Rekomendasi Ahli Gigi

Untuk melihat kualitas sikat gigi yang baik, pastikan sikat gigi yang kamu pilih sudah menjalani tes kontrol kualitas yang ketat mengenai efektivitas dan keamanaan pembersihan. Hal ini bisa kamu tanyakan ke dokter gigi. Atau cara lainnya kamu bisa mencari sendiri sikat gigi yang sudah mendapatkan persetujuan dari American Dental Association (ADA).

Untuk merawat sikat gigi agar tidak terlalu terpapar dengan kuman, kamu bisa mencuci sikat gigi dibawah air mengalir untuk membersihkan sisa makanan, kemudian tempatkan sikat gigi di tempat yang kering agar tidak lembab.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah, mengganti sikat gigi  3-4 bulan sekali. Jangan pernah menggunakan sikat gigi bersamaan dengan orang lain ya sahabat muslimah, karena sesungguhnya di dalam mulut terdapat banyak kuman dan penyakit.

Last modified on Rabu, 03 Oktober 2018 05:24

Leave a Comment