6 Rumah Makan Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Solo

Selat Solo Selat Solo (Sedapkuliner.com)

Muslimahdaily  - Solo tak hanya dikenal dengan batiknya yang legendaris dan keratonnya saja, tetapi juga merupakan surga kuliner. Ragam menu mulai dari hidangan utama hingga kue penutupnya menjadi pilihan seru untuk dinikmati oleh para pencinta kuliner. Ingin tahu apa saja dan dimana bisa menikmatinya?

Berikut 6 rekomendasi menu kuliner Solo yang layak kamu coba.

Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan salah satu jenis makanan khas Solo yang paling populer dibanding ragam nasi lainnya. Hidangan yang satu ini terdiri dari nasi gurih dengan sayuran labu, tahu bumbu kuning, daging ayam, telur, santan kental dan opor. Ciri khasnya disajikan dengan menggunakan alas daun pisang, warga Solo menyebutnya dengan istilah pincuk.

Jika ke Solo salah satu gerai yang paling legendaris di Solo ialah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, gerai yang sudah ada sejak tahun 1950 ini berada di jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon Solo bisa menjadi pilihan untuk menikmati hidangan yang satu ini.

Soto Daging

Soto ini memiliki ciri kuah yang bening, isinya terdiri dari bihun, ayam suwir dan potongan telur rebus yang memiliki cita rasa yang segar. Biasanya soto ini disajikan menggunakan mangkuk kecil. Untuk menambah kenikmatan soto tersebut sebagai pendamping dapat dinikmati dengan menggunakan lauk tambahan seperti tempe, tahu, empal, sate uritan, perkedel dan jeroan.

Jika ingin menyantap soto ini paling nikmat di restoran Soto Gading yang berada di jalan Brigjen Sudiarto. Nama Gading ini dipilih dan telah populer sampai sekarang karena berada di Selatan Keraton Kasunanan Surakarta. Soto nikmat ini bahkan menjadi favorit para presiden dan pejabat negara.

Timlo

Makanan berkuah yang satu ini sekilas menyerupai soto. Hidangan bernama Timlo ini umumnya berisi daging ayam, ati ampela, sosis solo dan telur pindang. Meskipun disebut sosis, hidangan ini dibuat menggunakan kulit lumpia atau risoles yang kemudian diisi daging giling dan di goreng. Hadirnya sosis ini kemudian menjadi ciri pembeda dengan hidangan lainnya.

Bagi penikmat Timlo ada satu lokasi yang paling populer untuk menikmatinya yaitu di Warung Timlo Sastro yang terletak di Pasar Gede Solo. Warung ini kemudian menjadi tempat yang paling legendaris, namun sejak berdiri pada tahun 1958 hingga sekarang masih memiliki cita rasa yang konsisten.

Serabi Notosuman

Serabi yang satu ini merupakan penganan khas Solo. Bahannya pun sederhana hanya terbuat dari tepung beras dan santan yang kemudian diaduk menjadi adonan serabi. Umumnya ada dua rasa original yang bisa dipilih yaitu serabi polos dan serabi dengan rasa coklat.

Berdasarkan sejarahnya nama serabi Notosuman ini muncul karena gerai ini awalnya berada di jalan Notosuman, tetapi nama jalannya telah berganti menjadi Mohammad Yamin. Meskipun demikian nama Notosuman sudah sangat populer hingga sekarang. Jika ingin merasakan yang serabi yang paling original dan terkenal, dapat menikmati serabi di daerah tersebut. Gerai serabi dsini bahkan telah dikelola secara turun menurun sejak tahun 1920-an silam sehingga sudah terjamin rasanya.

Selat Solo

Hidangan yang satu ini serupa dengan salad, namun perbedaannya selat solo ini terdiri dari beberapa jenis sayuran seperti mentimun, selada, kentang, telur, buncis dan wortel yang dipadukan dengan irisan daging steak. Sebagai penyempurna rasa dilengkapi dengan kuah semur sebagai perasa yang kemudian diberikan bumbu mayones buatan sendiri.

Jika ingin menikmati sensasi Selat Solo ini, salah satu yang terkenal berada di daerah Veteran yang berada di daerah Serengan, Surakarta ini.

Gudeg Solo

Tak hanya Yogya yang punya hidangan gudeg, Solo juga memilikinya namun tekstur rasanya lebih manis dibandingkan dengan gudeg Jogja. Khas lainnya mempunyai sambal goreng krecek yang lebih pedas, membuatnya terasa lebih nikmat.

Jika ingin menyantapkanya ada satu rekomendasi tempat yang menyediakannya yaitu di Warung Adem Ayem yang berada di sekitar Taman Sriwedari.

Ingin merasakan kuliner Solo yang menggiurkan, jangan sampai kelewatan ya.

Last modified on Jumat, 23 Maret 2018 06:37

Leave a Comment