Muslimahdaily - Perhelatan Indonesia Sharian Economic Festival (ISEF) kembali di gelar. Di tahun ke-7 ini, ISEF dilaksanakan mulai dari 28 – 31 Oktober 2020. Pada salah satu rangkaian acaranya, ISEF mempersembahkan Modest Fashion dengan mengangkat tema “Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle”.

Virtual Fashion Show yang digelar pada hari ketiga kembali menampilan sederet koleksi ciamik dari desainer Nusantara. Salah satu yang hadir di hari ketiga adalah desainer muda, Thiffa Qaisty Salsabila.

Di virtual fashion show kali ini, Thiffa menampilkan koleksi yang bertajuk ‘DARA’. Dalam bahasa Melayu, ‘DARA’ berarti anak gadis. Koleksi yang terdiri dari tiga look ini terinspirasi dari baju kebaya melayu Riau yang biasa digunakan oleh anak Dara.

Kebaya tersebut dimodifikasi dengan memberikan sentuhan moderen melalui detail beads dan Swarovski. Detailnya membuat koleksi ‘DARA’ ini dapat digunakan di segala kalangan, baik di nusantara maupun mancanegara.

Thiffa memilih mengkombinasikan bahan tenun songket Riau dan bahan rayon viskosa. Keduanya dipilih untuk menginterpretasikan potensi daerah yang ada di Riau. Pasalnya, Riau merupakan penghasil produksi rayon viskosa terbesar di Dunia. Sementara tenun songket Riau sudah jadi kain warisan yang berumur lebih dari 2 abad.

“Viscose merupakan salah satu serat ramah lingkungan yang berkonsep sustainable fashion,” ucap Thiffa Qaisty pada konferensi pers Virtual Fashion Show ISEF 2020, Jumat (30/10).

Thiffa juga menambahkan motif bunga mayang kelapa pada tenun songkatnya. Bunga ini memiliki makna dan filosofi mendalam bagi kehidupan, salah satunya mengajarkan ketangguhan dan rahmatan lil alamin.

Selain itu, warna olive green, burgundy, dan gold pada koleksi Thiffa kali ini sesuai dengan konsep eksklusif dan elegan. Tak hanya itu, warna hijau juga merupakan warna kesukaan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang melambangkan keindahan dan kenyamanan.

Itsna Diah

Add comment

Submit