Hengky Ajak Netizen Bantu Rahmat Hidayat, Pria Difabel Berbakat Desainer

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Instagram/@hengkykurniawan )

Muslimahdaily - Nama Rahmat Hidayat mendadak viral ketika Hengky Kurniawan mengunjungi rumahnya dan mengungkap bakat desain sang difabel. Kepada netizen, Hengky pun mengajak bederma untuk wujudkan mimpi Rahmat yang ingin memiliki butik.

Hengky berkunjung bukan sebagai artis, melainkan sebagai Wakil Bupati Bandung Barat yang baru saja dijabatnya. Berkat kunjungannya itu, publik pun mengenal sosok Rahmat, warga desa Ciawitali, Sindangkerta yang kekurangan secara fisik, namun mampu menghasilkan karya desain baju yang apik. Desainnya bahkan pernah dipakai artis ibu kota, Soimah dan Inul Daratista.

Menjadi Viral

Kunjungan Hengky rupanya menjadi magnet bagi media untuk meliput sosok Rahmat. Bahkan desainer ternama, Anne Avantie pun turut berkunjung ke rumah Rahmat dan mengungkap kehidupan sang desainer difabel yang serba terbatas.

Di rumah gubuk beralas kayu, Rahmat tinggal bersama ibu dan lima adiknya. Pria disabilitas berusia 25 tahun itu merupakan warga sebuah desa kecil yang tak terakses kendaraan roda empat. Perlu melewati pematang sawah untuk sampai ke rumahnya. Anne bahkan mengungkap perjalanannya menumpang ojek sejauh 1 Km demi berkunjung ke rumah Rahmat.

Dalam akun instagramya, Anne Avantie menulis perjalanannya, “Pada subuh pagi tadi 27 nov Bunda membuka IG dan melihat tage dari @hengkykurniawan ke Bunda ., sehingga Bunda baru sadar bahwa RAHMAT HIDAYAT ternyata berada di Bandung barat . Bergegas bunda menunda kunjungan lalu mengubah jadwal pagi tadi utk menuju kerumah Rahmat .-Saya merasa semua diatas bumi ini tidak ada yg KEBETULAN ., semua sudah DIATUR oleh Sang Maha Kuasa.Perjalanan 2.5 jam dari Bandung .., dan menyusuri jalan setapak di pematang sawah adalah sebuah Berkat yg ingin saya bagikan,” tulis sang desainer melalui akunnya @anneavantieheart.

Seperti Apa Sosok Rahmat Hidayat?

Secara fisik, tangan dan kaki Rahmat tak sempurna sebagaimana manusia pada umumnya. Sejak kecil, ia tak mampu berjalan normal dan beraktivitas seperti anak sebayanya. Namun yang menakjubkan, tangannya yang tak sempurna itu mampu menggoreskan pena dengan terampil dan menghasilkan banyak sekali desain gaun dan busana muslimah yang cantik.

Siapa sangka kemampuannya mendesain hanyalah hasil dari belajar autodidak. Dengan kondisi tubuhnya, Rahmat tak pernah mengenyam bangku sekolah. Belum lagi keterbatasan ekonomi yang menimpa keluarganya. Bahkan kelima adiknya yang normal pun tak duduk di bangku sekolah karena tak ada biaya.

Rahmat memang menjadi tulang punggung keluarga sejak ayahnya meninggal dunia. Ia mencari nafkah dengan menjual karya-karya desainnya meski seharga Rp 50 ribu saja. Penjualan itu pun dilakukan Rahmat hanya melalui Facebook.

“Saya seperti ini pun jujur sangat sulit, karena terkadang gambar saya sering dipandang sebelah mata,” ujar Rahmat dilansir Tribunnews.

Ibunda Rahmat, Ati Susilawati merasa terharu sekaligus bangga pada Rahmat. Ia mengaku sangat terbantu dengan usaha Rahmat membiayai keluarga bahkan membantunya mengurus rumah.

“Dia sering bantu saya, masak, nyuci piring. Sekarang dia tulang punggung keluarga. Saya ngandelin hasil Rahmat jualan gambarnya. Saya bangga, senang banget punya anak berbakat. Dia memang dari kecil senang gambar, padahal dia nggak pernah sekolah formal. Bisa baca dan hitung juga diajarin bibinya. Saya harap Rahmat jadi desainer yang sukses,” tuturnya, dikutip dari laman kompas.

Mimpi Miliki Butik

Sebagai anak sulung dan tulang punggung keluarga, Rahmat memiliki banyak beban di pundaknya. Karena itulah ia memilih berjuang dan tak berlarut-larut meratapi nasibnya sebagai difabel. Banyak mimpi yang ingin diraihnya, bukan sekedar terkenal karena mendadak viral, melainkan sebuah rencana masa depan.

Salah satu mimpi besar Rahmat ialah memiliki sebuah butik. Dengannya, karya desain Rahmat mampu menghasilkan pundi-pundi uang untuk keluarganya yang berada di bawah garis kemiskinan. Hengky memfasilitasi kita yang ingin beramal untuk Rahmat melalui program “Wujudkan Mimpi Mereka”. Dari sisihan uang yang tak seberapa, akan sangat membantu Rahmat meraih mimpinya.

“Haruskah Mimpi dan cita2 @rahmathidayat4259 berhenti sampai disini ?! Mereka butuh uluran tangan kita. Teman2 sahabat instagram... Saya mengajak kita semua untuk mewujudkan impian dan cita2 Rahmad memiliki butik dan terwujud karya-karyanya menjadi kenyataan. Salurkan bantuan anda melalui Bank BJB No rek 0000211082000 an Wujudkan Mimpi Mereka. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan saudara. Dan kisah @rahmathidayat4259 menginspirasi kita semua. Haturnuhun,” tulis Hengky dalam akun Instagramnya, @Hengkykurniawan.

Leave a Comment