Tips Tetap Hemat Saat Bulan Ramadhan

By June 2, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bulan Ramadhan telah tiba, bulan penuh rahmat dan ampunan dan turunnya Al-Qur’an. Untuk itu moment Bulan Ramadhan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh umat Islam agar tidak sia-sia. Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 185 Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya,

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

Datangnya bulan Ramadhan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai datangnya Bulan Ramadhan yang seharusnya menjadi momen memperbanyak ibadah, malah menjadi momen pemborosan. Banyak muslim yang justru terlalu sibuk untuk membeli berbagai macam makanan, pakaian, atau barang-barang lainnya dengan dalih persiapan menyambut Ramadhan.

Agar laju keuangan tetap aman, berikut ini ada beberapa tips agar tidak boros saat Ramadhan.

1. Mencatat keperluan pokok selama satu bulan

Melakukan pencatatan terhadap apa yang dibutuhkan selama satu bulan kedepan dan dengan perkiraan harga dipasaran akan memudahkan untuk berhemat. Pasalnya, dengan mencatat kebutuhan pokok, maka kita akan lebih fokus pada catatan yang sudah dipersiapkan dan meminimalisir untuk membeli hal-hal yang tidak diperlukan

2. Meminimalisir hangout

Bulan Ramadhan seharusnya diisi dengan banyak beribadah kepada Allah. Meminimalisir untuk hangout dan lebih memilih untuk memasak di rumah merupakan pilihan yang bijak untuk menghemat anggaran selama Ramadhan. Memasak sendiri makanan untuk sahur dan berbuka selain lebih hemat, pastinya juga lebih sehat, karena bahan makanan yang dipilih dan diolah sendiri.

Terlalu sering hangout menghabiskan banyak waktu dan uang, meskipun untuk alasan menyambung tali silaturrahmi. Namun harus disesuaikan dengan bajet yang ada, jangan sampai berlebihan.

3. Tidak Harus Semuanya Baru

Pada Hari Idul Fitri, Allah menyucikan lagi jiwa umat muslim bagaikan bayi yang baru lahir. Dengan jiwa yang baru, diharapkan umat muslim mampu untuk menjad pribadi yang lebih baik. Namun, banyak orang yang salah mengartikan bahwa Lebaran identik dengan segala sesuatu hal yang baru, tidak hanya jiwa dan hati saja namun juga pakaian, mukena, sandal, hijab, dan lainnya.

Sebenarnya menggunakan pakaian atau mukena tak harus baru, asalkan layak, bersih, dan suci dari najis. Bahkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam tidak mengharuskan kita mengenakan pakaian baru saat lebaran. Lebih baik budget untuk membeli pakaian baru ditabung dan disedekahkan bagi teman yang tidak mampu.

4. Update Info Diskon dan Bazaar

Biasanya pada saat Bulan Ramadhan banyak supermarket dan pusat perbelanjaan yang menggelar diskon besar-besaran hingga 80%. Untuk meminimalisir pengeluaran, mendatangi took diskon merupakan pilihan yang baik. Asalkan sebelum mendatangi toko pastikan dahulu barang-barang apa saja yng akan dibeli dan membawa uang seperlunya saja, jadi tidak tergiur untuk membeli barang-barang lainnya yang tidak dibutuhkan.

5. Pergunakan Diskon dari Kartu Debit atau Poin

Selain toko atau pusat perbelanjaan yang mengadakan diskon, beberapa bank atau provider telekomunikasi memberikan diskon bagi para pelanggannya jika berbelanja pada merchant yang bekerja sama. Hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengehmat pengeluaran saat Ramadhan.

Last modified on Saturday, 02 June 2018 03:32

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama