Alya Nur Zurayya, Content Creator Multitalenta

By April 10, 2018 0
Alya Nur Zurayya Alya Nur Zurayya ( Foto : Instagram @alyaanz)

Muslimahdaily - Punya suara indah tentu impian banyak orang. Namun, hanya beberapa orang beruntung dan pekerja keraslah yang mampu mewujudkan impian itu. Sama seperti sosok Alya. Awalnya ia hanya menjadikan hobi menyanyinya sebagai salah satu hal favorit. Tak disangka-sangka, ia dapat menjadi sosok inspiratif seperti saat ini.

Alya Nur Zurayya, remaja yang punya hobi menyanyi ini mengaku kecintaanya terhadap musik bermula dari sang ibu. Ibu yang suka menyanyi ini sudah mengenalkan musik pada Alya sejak kecil. Hingga suatu saat, sang ibu berjanji akan mendaftarkan Alya di sekolah musik bila ia menang pada suatu kompetisi.

Tak disangka, Alya yang saat itu masih duduk di sekolah dasar kelas 4 menang dengan modal belajar dari sang ibu. Ia pun akhirnya dengan tekun belajar di sekolah musik hingga akhirnya bisa seperti saat ini.

“Pertama kali Alya ikut lomba, ibu janji kalo Alya bisa menang, nanti ibu masukkin ke sekolah musik. Ternyata menang, dan bener masuk ke sekolah musik dengan niatan Alya bisa tampil dan lebih percaya diri gitu,” kenang Alya saat diwawancarai Muslimahdaily.

Alya sebenarnya tak punya niatan untuk benar-benar terjun pada dunia musik. Walaupun sudah sering diminta untuk bernyanyi di beberapa caffee dan pentas seni, ia lantas tak menjatuhkan hatinya untuk menjadikan bernyanyi sebagai ladang berkarir.

Saat SMA, wanita yang kerap disapa Alya ini mulai menjadikan social media sebagai catatan perkembangan dalam benyanyi. Ia hanya berharap, akun Instagramnya dapat mebantu melihat progress hobinya yang satu ini.

“Kalo untuk terjun di dunia musik, sebenernya dari SMA kelas 1 awal, Alya udah nyanyi di salah satu caffee di daerah Jakarta Selatan dan off air kayak nyanyi di pensi-pensi. Tapi untuk memutuskan sendiri untuk berkarya dan punya karir di social media itu sebenernya nggak ada pemikiran kayak gimana ya mulainya,” tutur Alya.

“Awal upload dari social media itu niatnya cuma satu, ingin lihat gimana progress menyanyi Alya dari awal. Since, Alya juga suka bikin video, sayang aja kalo nggak dimanfaatin. Awalnya unuk CV aja,” tambahnya.

Tak disangka, niatan sederhana Alya mulai berkembang semenjak banyak orang yang suka dengan videonya di social media. “Ternyata jadinya terjun dan yaudah. Ternyata ada massa, ada yang nonton dan banyak yang suka, jadinya lanjut sampai sekarang,” katanya.

Wanita dengan segudang talenta ini juga punya hobi videografi. Ia lantas menuangkan kreatifitasnya saat membuat video musik untuk dirinya sendiri. Maka tak aneh, bila video hasil buatan Alya tak bisa dibilang buatan amatir. Ada ciri khas tersendiri bila menonton koleksi video Alya di akun Youtube pribadinya atau sekedar video pendek di Instagram.

“Aku suka nyanyi, suka videografi juga. Setiap kali aku bikin video, mikirnya sejauh mana sih Alya bisa meng-eksplore videografi dan nyanyi. Akhirnya nggak jadi beban, malah jadi tantangan,” terang Alya.

Ia mengaku membut video musiknya sendiri. Mulai dari membuat konsep, merekam, hingga proses editing, ia lakukan sendiri dengan modal belajar sana sini alias otodidak. Semua ia lakukan karena rasa senang dan rasa ingin megembangkan diri yang tinggi.

Memenangkan lomba yang berhadiah umrah, menjadikan titik balik Alya dalam mensyukuri nikmat Allah. Ia yang saat itu belum berhijab karena terikat suatu kontrak, memutuskan untuk ikut salah satu kontes menyanyi bernama Hijab Singing Contest. Ia yang saat itu belum berhijab akhirnya ditanyatakan sebagai pemenang dan mendapatkan kesempatan untuk menjalankan ibadah umrah.

“Jujur alasan untuk memutuskan berhijab, bukan seratus karena itu. Tapi karena berpikir bahwa Alya dapet kemampuan bernyanyi, Allah yang kasih. Bisa menang juga karena Allah. Semua yang Alya usahakan untuk menang itu karena Allah, termasuk dateng ke rumah Allah sendiri. Salah satu bentuk syukur Alya adalah dengan mengenakan hijab,” akunya.

Setelah memutuskan untuk berhijab, Alya menjadikan karir bermusiknya juga sebagai jalannya untuk berdakwah. Menurut Alya, sayang jika momennya sebagai content creator tidak djadikan sebagai ajang untuk membawa pesan positif.

“Bagaimana temen-temen di luar sana yang belum mantap berhijab bisa berpikir bahwa ini bukan suatu hambatan mereka untuk bisa menjalankan kewajiban dan juga mencapai apa yang mereka mau dalam hal positif,” jujur Alya.

“Konten yang akan Alya upload itu tidak hanya kontek bermusik, tapi juga hal yang bahkan kalau Alya sudah mati pun, bisa bermanfaat. Insya Allah kedepannya bisa menginispirasi dan bisa sambil berdakwah juga,” tambahnya.

Setelah perjalanan yang cukup panjang, Alya bisa berharap dapat merilis single nya di tahun ini. “Karena sebenernya Alya seneng nulis dan baca. Lirik lagu udah banyak dari dulu. Tahun ini akhirnya bisa ngeluarin karya sendiri yang original. Insya Allah akan merilis single,” harap Alya.

Last modified on Wednesday, 11 April 2018 01:47

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama