5 Tips Agar Bisa Berangkat Umrah di Usia Muda

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menjadi tamu Allah di baitullah adalah sebuah impian hampir seluruh umat muslim di dunia baik yang berusia muda ataupun tua. Namun biaya yang tak murah untuk umrah maupun haji tekadang menjadi hambatan untuk menjalankan niat mulia beribadah ke tanah suci. 

Nah untuk kamu yang masih berusia muda tetapi memiliki keinginan kuat beribadah ke tanah suci berikut ini 5 tips yang bisa kamu coba.

1. Membuka tabungan khusus

Kamu bisa membuka tabungan khusus untuk haji atau umrah atau paling tidak buat tabungan tersendiri yang berfungsi untuk menyimpan uang yang memang dikhususkan sebagai biaya untuk menunaikan ibadah umrah. Kisarannya berada antara 20-25 juta rupiah, tergantung pilihan paket perjalanan yang kamu inginkan.

Kenapa harus tabungan khusus? Hal ini karena jika kamu menabung di tabungan biasa akan rawan untuk diambil lagi untuk kepentingan lain. Oh ya, tabungan in jangan dilengkapi dengan ATM, agar kamu tidak tergoda untuk menarik uang tabungan yang ada di dalamnya.

2. Tentukan jumlah yang akan ditabung per bulan

jika kamu sudah memiliki pendapatan sendiri, kamu bisa mengatur berapa nominal uang yang harus disetor per bulannya ke tabungan khusus untuk umrah. Misalnya pendapatan bulanan kamu mencapai 3 juta. Kamu bisa mengambil 1 juta dari pendapatan itu untuk disetor atau ditransfer tiap bulannya ke tabungan khusus umrah.

Jika kamu konsisten melakukan hal ini, dalam 20 bulan saja sudah terkumpul 20 juta bukan? Tinggal tambah sedikit atau pintar-pintar cari biro perjalanan yang terjangkau dan terpercaya, kamu sudah bisa berangkat umrah!

3. Lakukan penghematan yang realistis

Jika kamu sekarang sudah bekerja, saatnya untuk berhemat! Hitung lagi kira-kira pengeluaran selama sebulan dan lihat jika ada pos-pos pengeluaran yang bisa dikurangi, misalnya kebiasaan membeli kopi yang harga secangkirnya selangit, atau hobi kongkow-kongkow dengan teman di resto dan sebagainya.

4. Investasi dalam bentuk emas

Nilai Rupiah yang tidak stabil terhadap Dollar membuat ongkos pergi umrah juga akan naik seiring kenaikan nilai tukar. Jika kamu merasa menabung akan snagat risky untuk biaya umrah karena nilai tukar ini, kamu bisa menginvestasikan uang yang kamu miliki dalam bentuk emas. Emas adalah komoditi yang jauh lebih stabil harganya. Sekarang berkisar Rp.666.000 untuk 1 gramnya. Kamu bisa membeli emas sedikit-sedikit dan jika jumlahnya kira-kira sudah cukup memadai untuk biaya umrah, kamu bisa menjualnya.

5. Pilih paket perjalanan sesuai kemampuan

Tujuan umrah adalah untuk beribadah kepada Allah, jadi negara-negara lain yang akan disinggahi dalam rangkaian paket umrah tidak begitu penting, bukan? Lebih baik cari paket perjalanan yang sesuai dengan budget yang kamu miliki dan jangan paksakan kehendak ingin mengambil paket yang menawarkan tur Eropa.

Lebih baik kamu memikirkan bahwa saat pulang ke Indonesia kehidupan akan terus berlangsung. Jika kamu menghambur-hamburkan uang untuk paket umrah yang selangit, apalah arti umrah bagi kamu?

Konten ini adalah hasil kerjasama Muslimahdaily.com Ayojalan.id

Last modified on Kamis, 15 November 2018 03:59

Leave a Comment