Smart Toilet Sekarang ada di Halte TransJakarta

Smart toilet, halte balai kota Smart toilet, halte balai kota ( Foto : Kompas.com )

 

Muslimahdaily - Jalan-jalan ke Jakarta sekarang makin bersahabat. Berbagai fasilitas baru yang nyaman dibuka untuk masyarakat. Salah satunya, smart toilet berikut ini.

Toilet pintar, sebuah fasilitas baru yang ada buat kamu pengguna kendaraan umum. Jika sebelumnya malas bepergian dengan transportasi publik karena khawatir sulit menemukan toilet ketika sedang kebelet, sekarang seharusnya tidak lagi. Toilet pintar ini sudah dibuka untuk semua penumpang bus TransJakarta.

Ya, toilet pintar atau smart toilet ini baru saja diresmikan oleh Djarot Saiful Hidayat, sebelum meninggalkan kursi jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Toilet ini bisa kamu temukan di Halte Bus TransJakarta Balai Kota dan Monumen Nasional. Meski sekarang masih terbatas, smart toilet ini nantinya akan dibangun di sekitar 33 halte busway lainnya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Untuk masuk ke dalam toilet, kamu harus menggunakan kartu uang elektronik seperti biasa masuk ke halte TransJakarta. Tapping di dekat pintu untuk membukanya. Nantinya, tarif toilet ini dipatok Rp2 ribu, namun selama tiga bulan ini, kamu masih bisa menggunakannya secara cuma-cuma alias gratis.

Untuk mengetahui apakah ada pengguna di dalam toilet, kamu bisa melihat tanda lampu di depan. Jika hijau berarti kosong, kuning artinya ada orang, dan merah tandanya tak bisa digunakan.

Smart toilet ini canggih lho. Sekali kamu membuka pintu, lampu, exhausted fan, dan pengharum ruangan di dalam toilet ini akan otomatis menyala. Tak hanya itu, wastafelnya juga sudah bersensor otomatis sehingga kamu bisa langsung menggunakan air dan sabun cuci tangan yang langsung keluar saat kamu meletakkan tangan di bawah wastafel tersebut.

Untuk membersihkan toilet setelah digunakan, cukup menaruh tangan kita di depan sensor flush yang ada di dekat toilet. Pokoknya semua serba mudah dan canggih. Paling penting, toilet ini juga ramah disabilitas kok, karena disediakan pegangan atau handrail.

Gimana, sekarang makin tenang kan kalau tiba-tiba kebelet di tengah perjalanan?

Leave a Comment