Bunda, Jangan Abaikan 5 Manfaat Berenang untuk Bayi Berikut Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh semua kategori usia. Mulai dari dewasa hingga anak bayi. Jika berenang dilakukan secara rutin maka semua kelompok usia akan mendapatkan manfaatnya. Diantaranya adalah membangun kekuatan tubuh, meningkatkan sistem pernapasan dan kardiovaskuler, membakar kalori dan membuat tubuh lebih rileks.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa belajar sendiri atau ikut di sesi kelas renang. Jika kamu beranggapan bahwa sekolah renang hanya berlaku untuk anak-anak sampai dewasa, saat ini kelas renang untuk bayi pun sudah banyak dibuka di kota-kota besar.

Kelas renang untuk bayi tidak hanya melibatkan si bayi namun juga orangtua. Selama menjalani kelas renang, orang tua akan melihat pengajaran instruktur dan langsung dipraktikan pada anaknya.

Menurut Anggayasti Trikanti, pendiri sekaligus instruktur Aquatic Baby Indonesia dikutip dari laman Ayahbunda kelas renang bayi ini dapat mengembangkan kemampuan motorik, kepercayaan diri dan tentunya meningkatkan kedekatan antara orang tua dengan anak.

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat renang untuk bayi dilansir dari waterbaby.co.uk.

1.Baik untuk kesehatan fisik dan mental

Kelas renang bayi tentunya akan memberikan latihan fisik yang sangat lengkap, mulai dari otot tangan, kaki, punggung, dada semuanya bergerak. Hal itu akan memperkuat jantung dan paru-paru bayi.

Renang juga dapat membantu perkembangan otak, termasuk merangasang kelima indra pada bayi (rasa,bau,sentuhan,penglihatan dan suara). Hal lain yang menjadi penting setiap kelas renang akan membakar hingga 300 kalori, dengan ini orang tua juga akan mendapatkan manfaatnya.

2.Mempererat ikatan bayi dan orangtua

Melibatkan peran ayah/bunda dalam kelas renang ini memberikan manfaat tersendiri bagi bayi dan orangtua. Ketika berenang pastinya kulit bayi dan ayah/bunda akan terus menempel dengannya, hal ini tetunya akan memperkuat attachment antara bayi dengan ayah/bunda. Jika ayah adalah pekerja yang sibuk, cobalah untuk sesekali mendampingi si kecil dalam kelas renang ini agar si kecil merasa dekat dengan keduanya.

3.Meningkatkan kepercayaan diri bayi

Memperkenalkan bayi ke air pada usia yang sangat muda akan membantu mencegah anak dari rasa takut pada air. Latihan gerak di dalam air dalam memperkenalkan anak-anak ke air pada usia yang sangat muda membantu mencegah takut air sebelum berkembang nantinya.

Latihan yang melibatkan bergerak secara independen dalam air juga sangat bagus untuk kepercayaan diri bayi. Manfaat juga akan didapatkan oleh orangtua, terutama bagi mereka yang takut air dan tidak dapat berenang.

4.Meningkatkan keseimbangan tubuh

Berada di dalam air membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan pada tubuh. Berenang dengan mainan juga akan membantu koordinasi si kecil dan juga keterampilan motoriknya. Sebuah penelitian di Norwegian University of Science & Technology pada tahun 2009 membuktikan bahwa bayi yang berenang memiliki keseimbangan dan kemampuan untuk memahami objek lebih baik daripada yang tidak berenang sejak dini.

5.Mengembangkan keterampilan belajar

Ketika dalam kelas renang, bayi dan orang tua akan mendapatkan banyak instruksi dari instruktur renang secara berulang, hal ini sangat bermanfaat untuk mempertajam keterampilan mental dan meningkatkan pemahaman si bayi. Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa bayi yang berenang memiliki perkembangan motorik, keterampilan sosial dan kecerdasan yang baik.

Kelas renang bayi ini biasanya ditujukan bagi bayi dan balita usia 6 bulan hingga 2 tahun. Pertimbangannya adalah, ketika usia 6 bulan bayi sudah bisa beradaptsi dengan suhu air normal. Usia 2 tahun tingkst kemandirian sudah muncul dan balita sudah mulai lancar bicara jadi mereka akan memilih untuk bermain air sendiri.

Jika bunda atau ayah tertarik untuk mengajak anak ke dalam kelas renang semoga kelima manfaat ini bisa menjadi bekal penetahuan ayah bunda ya. Selamat bersenang-senang!

Last modified on Rabu, 26 September 2018 07:07

Leave a Comment