×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 1112

Mengembangkan Cita-cita Anak Sejak Dini, Berikut 5 Langkahnya

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Muslimahdaily )

Muslimahdaily - Cita-cita adalah sebuah keinginan yang harus digapai sebagai target di dalam hidup. Hal seperti ini hendaknya diajarkan pada anak sejak dini, sebab kita perlu menggali potensi yang terpendam dalam diri anak-anak untuk mendapatkan porsi dan takaran tepat mengenai cita-cita yang diinginkan.

Kedepannya anak pun akan lebih mudah dalam mengenali apa yang kelak menjadi cita-citanya. Adapun langkah yang dapat di praktikkan oleh orangtua pada anaknya agar perihal mengenai cita-cita anak ini dapat dengan mudah dilakukan.

1.Menceritakan Kisah Tokoh Terkenal

Ceritakanlah kisah-kisah inspiratif yang membuat anak menjadi kagum pada tokoh atau pahlawan tertentu, seperti kisah Urwah bin Jubai yang mengutarakan keinginanya pada sahabatnya, “Aku ingin menguasai ilmu fikih dan hadist” yang pada akhirnya keinginan Urwah pun tercapai. Beliau sekarang dikenal sebagai tokoh ulama fikih yang banyak meriwayatkan hadist. Dengan begitu anak akan mudah termotivasi untuk mendapatkan apa yang ia mau.

2.Terapkan Budaya Membaca

Saat ini, banyak orang yang kurang dalam ilmu pengetahuan lantaran jarang membaca. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada buah hati Anda kelak. Berilah mereka bekal dengan rajin membaca agar memiliki banyak wawasan, sebab membaca adalah jendela dunia. Semakin banyak pengetahuan yang terserap oleh anak, mereka akan semakin berkembang lebih luas daya pikir dan kreatifitasnya.

(Baca juga : Kiat Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak)

3.Berikan Tantangan

Tantangan yang diberikan kepada anak bertujuan agar mereka dapat berfikir lebih luas lagi dan berusaha untuk mencari jalan keluar dalam memecahkan sebuah masalah yang kita beri, sehingga mereka akan terbiasa untuk berfikir lebih rasional.

4.Mendukung bukan meremehkan

Dukungan orangtua merupakan salah satu hal paling penting dan utama. Berusahalah untuk tidak meremehkan cita-cita sang buah hati, bahkan ketika cita-cita tersebut terlalu mustahil. Berikan dukungan agar tumbuh rasa percaya diri dalam benak anak hingga mereka dapat berjuang mewujudkan mimpi.

(Baca juga : Menjadi Teman Bagi Buah Hati Anda)

5.Amati perkembanganya

Bukan hal aneh bila anak kerap kali merubah cita-citanya. Meskipun begitu, sebagai orangtua jangalah kita mengolok atau menekan. Perubahan ini justru dapat menjadi poin penting cita-cita sang anak. Melalui perubahan tersebut, orangtua dapat memahami perkembangan sang anak setelah mencerna dan mengamati serta menggali lebih mengenai cita-cita lama dan cita-cita barunya.

Apapun cita-cita yang dipilih nantinya, jangan pernah beranggapan bahwa apa yang telah dicita-citakan adalah sebuah ketidak mungkinan. Segalanya bisa saja terjadi, karena jika ada kemauan pasti ada jalan.

Last modified on Rabu, 05 September 2018 07:38

Leave a Comment