8 Tips Ampuh Mengajarkan Anak Berpuasa

By May 2, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tak terasa dalam hitungan hari kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Kita akan bersiap menghadapi ritual ibadah puasa selama sebulan, shalat sunnah tarawih berjamaah dan ibadah lainnya yang memiliki pahala berlipat ganda.

Begitu pentingnya bulan ini hingga Allah menyebutkan dalam Al-Qur’an ayat 185 yang artinya, “Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

Tentu tak ingin merasakan keberkahan bulan ini bersama suami saja. Keinginan Bunda untuk mengajak buah hati turut berpuasa memerlukan persiapan. Apalagi bagi anak yang pertama kali melakukannya, ini bukanlah hal yang mudah tetapi menjadi tantangan tersendiri untuk Bunda.

Adanya perubahan seperti si anak setiap harinya sudah terbiasa makan dan minum, ia harus mengubah pola tersebut karena berpuasa, untuk itu diperlukan kesiapan fisik, mental dan psikologis. Berikut yang bisa Bunda bisa lakukan supaya buah hati dapat ikut merasakan benih dan nikmatnya Ramadhan.

1.MEMPERKENALKAN MAKNA DAN DEFINISI BERPUASA

Kita bisa memperkenalkan puasa dan maknanya dengan cerita yang menarik, terutama pengalaman masa kecil Bunda yang mampu membuat si anak merasa termotivasi untuk melakukannya. Ajak anak untuk memahami bahwa selama ibadah puasa tersebut seseorang tidak boleh makan dan minum usai jam sahur hingga waktu berbuka puasa.

Jelaskan semua itu dilakukan sebagai wujud ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Selaras dalam Al-Qur’an ayat 183 yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertaqwa.”

2.PUASA SEBAGAI WUJUD MEMPERBAIKI DIRI

Anak-anak perlu diedukasi bahwa puasa merupakan bentuk ibadah wajib seperti layaknya shalat. Bahwa tak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tetapi sarana untuk terus memperbaiki diri.

Beri pengertian bahwa saat berpuasa harus memperbanyak ibadah dan berdoa, menahan amarah, meningkatkan kebaikan dan kurangi keburukan. Tetapi satu hal yang paling penting, ajari anak untuk berniat hanya kepada Allah Ta’ala sebagai bekal keimanan dan melancarkan proses perjalanan puasanya.

3.TAWARKAN ANAK UNTUK BELAJAR BERPUASA

Usai mencoba memahamkan makna dan definisi puasa, kita dapat menawarkan anak untuk melakukan puasa, namun ajak sebagai sebuah aktivitas yang menyenangkan bukan sesuatu paksaan, tetapi sesuaikan dengan kondisi anak. Karena sesungguhnya kewajiban berpuasa untuk anak baru ditetapkan ketika ia baligh.

4.LATIHAN SECARA BERTAHAP

Lakukan cara yang menyenangkan dan bertahap. Bunda bisa melatihnya sedikit demi sedikit, misalnya Ibu latih dan jelaskan kenapa anak harus menunda makan paginya menjadi lebih siang.

Contohnya lakukan selama beberapa jam dahulu, kalau si anak sudah siap lakukan pelajaran secara bertingkat misalnya menjadi setengah hari. Tetapi lakukan secara bertahap ya, jangan sampai ia merasakan ini sebuah paksaan yang menyiksanya.

5.PERHATIKAN ASUPAN GIZI DAN SIAPKAN MAKANAN FAVORIT

Sahur merupakan bagian terpenting untuk puasa anak-anak dengan menyiapkan asupan makanan yang bergizi. Berikan dengan sumber protein seperti telur, daging dan makanan kaya serat seperti sayur dan buah-buahan. Supaya semakin bersemangat menjalankan ibadah puasa, siapkan makanan kesukaannya saat sahur dan berbuka puasa.

6.APRESIASI PENCAPAIAN ANAK

Saat pertama kali tentu si buah hati mempelajarinya secara bertahap sampai pukul 9 pagi, 12 siang, 3 sore sebelum bahkan sampai jam maghrib. Berikan apresiasi kepada anak agar terus termotivasi dan menumbuhkan perilaku positif padanya. Gunakan kata-kata yang mampu membangkitkan semangat anak.

7.AJAK ANAK MENGISI PUASA DENGAN KEGIATAN YANG MENYENANGKAN

Sambil menunggu waktunya berbuka puasa ajak si kecil beraktivitas bersama. Kegiatan ini dapat mengalihkan sejenak dari rasa lapar dan haus, misalnya berbelanja untuk membeli persiapan takjil atau jalan-jalan keliling kompleks membeli makanan kecil untuk berbuka puasa akan memberikan pengalaman yang baru untuknya.

8.BERSABAR

Jika anak belum sanggup melakukannya seperti yang ada inginkan jangan marah, bersabarlah anggaplah semua ini pembelajaran. Karena ketika kita berpuasa diwajibkan untuk menjaga kesempurnaan puasa dengan menahan hawa nafsu.

Tetap bersemangat ya Bunda!

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama