Seberapa Penting Ikut Seminar Pra Nikah?

By May 5, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Saat ini mungkin di antara kalian ada yang sudah menemukan pasangan yang tepat. Mungkin beberapanya sedang mempersiapkan pernikahan atau menanti pasangan dan mempersiapkan diri untuk hari bahagaia yang akan datang.

Ketika semua sudah direncanakan secara matang dari mulai undangan, catering, dekorasi, dan pernak pernik pernikahan lainnya. Sepertinya ada satu kegiatan yang bisa masuk dalam to do list kamu sebelum mengarungi bahtera rumah tangga, yaitu seminar pra nikah.

Apa itu Seminar Pra Nikah?

Dilansir dari familiesforlife.sg seminar pra nikah adalah untuk memastikan bahwa kamu dan pasanganmu membahas semua keputusan, nilai dan harapan terpenting yang harus disetujui bersama sebelum menikah. Sebagian besara pasangan mungkin memikirkan aspek penting pernikahan di masa depan, tetapi lebih yang bersifat netral. Kemungkinan besar pasangan tidak memikirkan masalah-masalah yang mungkin perlu untuk ditangani.

Seminar pra nikah memungkinkan kamu memperoleh manfaat dari pasangan menikah yang sudah berpengalaman, konselor kelurga serta pelatih yang ada pada seminar tersebut. Hal ini akan memungkinkan kamu dan pasangan lebih mempersiapkan diri jauh lebih matang untuk menghadapi pernikahan.

Apa saja yang dipelajari dalam seminar pra nikah?

Setiap seminar biasanya memiliki konten khusus yang akan dibahas dan menjadi fokus, namun kamu bisa mencari seminar pra nikah yang mencakup topik-topik utama berikut, dilansir dari familiesforlife.sg :

1. Tanggung jawaba di masa depan serta menjalin hubungan dengan mertua dan anggota keluarga

2. Rencana kehidupan dalam jangka pendek dan panjang

3. Masalah memiliki anak : Berapa banyak yang akan kalian miliki, apa nilai paling penting yang ingin diajarkan kepada anak-anak kamu, peran pengasuhan seperti apa yang kamu harapkan dari pasangan? Apa yang akan kamu lakukan jika memiliki anak berkebutuhan khusus atau jika kamu tidak dapat memiliki anak?

4. Tujuan dan aspirasi hidup Anda

5. Merencanakan keuangan keluarga

6. Gaya komunikasi

7. Penyelesaian masalah dan konflik

8. Pemahaman tentang agama

9. Rencana gaya hidup dan permasalahan pernikahan lainnya.

Lalu, seberapa penting mengikuti seminar pra nikah?

Penelitian oleh empat penelitian dilansir dari engagedmarriage.com telah menemukan bahwa mengambil kelas persiapan pernikahan berbasis keterampilan dapat mengurangi tingkat perceraian sebesar 30%. Penelitian juga telah menemukan bahwa pasangan yang meningkatkan hal-hal positif mereka, belajar bagaimana menyelesaikan konflik, memprioritaskan pernikahan mereka, dan menghindari perangkap hubungan memang dapat meningkatkan kepuasan dan umur panjang.

Selain itu, menurut penelitian, ketika pasangan memiliki bayi, 2/3 melaporkan bahwa kepuasan pernikahan mereka menurun. Namun, jika mereka tahu bagaimana memprioritaskan dan menjalankan perkawinan mereka, mereka akan lebih mampu bertransisi menjadi orangtua, dan mengambil kembali pernikahan mereka setelah anak-anak bekerja dengan baik bersama sebagai orangtua, teman, dan pasangan.

Kedua penelitian tersebut menjawab pertanyaan apakah penting untuk mengikuti seminar pra nikah? Ya tentunya, karena dari seminar pra nikah akan banyak ilmu bertumah tangga yang akan kita dapatkan dari orang-orang yang berpengalaman. Semakin menambah ilmu maka kita akan semakin siap untuk menghadapi berbagai masalah yang akan muncul dalam kehidupan rumah tangga nantinya.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama