Madu, Sunnah Nabi dengan Beribu Khasiat

By April 25, 2016 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Madu, cairan kental dengan rasa yang manis ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia. Mulai dari penambah stamina, penyembuh luka, hingga obat dari penyakit-penyakit kronis. Allah Subhanhu Wa Ta'ala menciptakan lebah dengan segala manfaatnya, termasuk pada apa yang mereka hasilkan, yaitu madu.

"Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia," (QS: An-Nahl: 69).

Firman Allah tersebut pun menjadi pegangan Nabi Muhammad dan diamalkan dalam kehidupan sehari-harinya. Diriwayatkan Bukhari, disebutkan bahwa Nabi sangat menyukai makanan yang manis-manis dan juga madu.

"Dari Aisyah Radhiallahu 'Anha, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam amat gemar pada makanan yang manis-manis dan madu," (HR Bukhari).

Manfaat madu banyak diriwayatkan juga dalam hadits Rasul. Ada kisah saat seorang pria datang pada Rasul dan mengatakan jika saudaranya sedang sakit perut. Rasul pun menyuruhnya untuk memberi madu. Belum sembuh, pria tersebut kembali lagi dan Rasul kembali menyuruhnya untuk minum madu. Ketiga kalinya, setelah Rasul menyuruhnya lagi untuk minum madu, saudara pria tersebut pun akhirnya sembuh.

Madu memang mengandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh. Karbohidrat, fruktosa, dan juga glukosa adalah kandungan yang terbanyak dalam madu. Rasa manis dalam madu berbeda dengan rasa manis pada gula. Ini dikarenakan madu memiliki aktivitas air yang rendah yang membuat mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalamnya.

Karbohidrat di dalam madu memiliki manfaat sebagai sumber energi. Madu sering kali menjadi asupan para olahragawan karena mampu diserap oleh sistem pencernaan dengan cepat.

Madu juga dikenal sebagai penyembuh luka gores dan luka bakar yang bagus. Sebagai antibiotik, manfaat madu sudah teruji secara ilmiah. Madu bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Manfaat madu sebagai obat memang bukan rahasia lagi. Dalam Al-Qur'an telah disebutkan, ".... di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia," (QS An-Nahl: 69).

Nabi Muhammad juga bersabda, "Hendaklah kalian menggunakan dua penyembuh, yaitu Al-Qur'an dan madu."

Dalam hadits lain pun disebutkan, "Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh bagi semua penyakit pikiran," (HR Bukhari).

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama