7 Manfaat Luar Biasa Olahraga Renang Untuk Wanita

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.” Berdasarkan pepatah tersebut, artinya jika kita ingin pikiran dan hati kita kuat maka kita harus menjaga kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga sendiri memiliki banyak jenis dan cabangnya, mulai dari olahraga lari, senam, panahan, hingga sepakbola.

Bukan hanya sekedar menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, banyak juga yang menjadikan olahraga sebagai hobi atau kegiatan di waktu senggang. Salah satu olahraga yang banyak digemari adalah renang, sensasi seru ketika bermain air dan ditambah dengan wahana seperti perosotan air atau lainnya menjadi nilai plus untuk renang.

Nah, ternyata renang bukan hanya sekedar ajang bermain dan rekreasi loh, di balik keseruannya olahraga yang satu ini memiliki beberapa manfaat khusus bagi kesehatan wanita. Ini dia 7 manfaat khusus olahraga renang bagi kesehatan wanita:

1.Mengurangsi Resiko Kanker Payudara

Berdasarkan riset Cancer Research Center in Seattle, Amerika Serikat pada tahun 2003, ternyata segala bentuk olahraga yang dilakukan wanita mampu mencegah dan mengurangi risiko terkena kanker payudara, begitu juga dengan olahraga renang.

Hal ini terjadi karena pergerakan tubuh dan saraf selama proses renang mampu meningkatkan kesehatan dan ketahanan saraf-saraf yang ada di dalam tubuh.

2.Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk yang satu ini pastinya sangat diinginkan oleh semua wanita, yaitu turunnya berat badan alias langsing. Ternyata dengan sering berenang bisa membantu program diet kaum wanita.

Pergerakan tubuh akan semakin sering terjadi ketika berenang. Maka akan semakin banyak pula kalori yang terbakar. Itu artinya, semakin sering berolahraga renang, semakin cepat pula proses diet kalian.

3.Menguatkan Rahim Ibu Hamil

Untuk yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Banyak sekali scene di beberapa iklan produk makanan atau minuman ibu hamil yang menampilkan sang ibu sedang berenang. Nah, ternyata memang pada fakta bahwa olahraga renang sangat bermanfaat buat para wanita hamil.

Pergerakan selama renang mampu menguatkan otot-otot rahim dan panggul. Semakin kuat otot panggul dan rahim, maka akan semakin mudah proses persalinan. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengurangi risiko pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti kaki, yang wajarnya sering mendatangi wanita hamil.

4.Membantu Tubuh Untuk Tetap Lentur

Renang juga memiliki beberapa jenis gaya yang bisa dilakukan, seperti gaya kupu-kupu dan gaya punggung. Setiap masing-masing gaya tentu membutuhkan banyak gerakan. Gerakan di setiap jenis gaya renang inilah yang bermanfaat sekali untuk meningkatkan kelenturan tubuh yang tentunya disukai setiap wanita.

5.Mengurangi Resiko Osteoporosis

Dengan beberapa manfaat renang bagi kesehatan tulang dan persendian, tentu hal ini juga sangat berdampak bagi kekuatan tulang di masa tua. Wanita yang sering melakukan olahraga renang akan mendapatkan manfaatnya saat ini. Tak hanya itu, di masa tua juga bisa sangat bermanfaat dimana olahraga renang mampu mengurangi risiko terkena osteoporosis.

6.Mengurangi Resiko Asma

Selain bermanfaat bagi kesehatan tulang, olahraga renang juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini dipengaruhi dengan teraturnya nafas saat berenang dan gerakan pada tubuh mempu menguatkan otot-otot di sekitar jantung dan paru-paru.

7.Mencegah Depresi dan Stress

Renang juga ternyata sangat erat kaitannya dengan perasaan hati. Rasa senang dan gembira ketika bermain air saat berenang membuat saraf-saraf di dalam tubuh menjadi lebih rileks. Tentunya hal ini bermanfaat untuk mengurangi serta mencegah terjadinya depresi atau stress.

Itu dia 7 manfaat yang bisa didapatkan wanita jika sering melakukan olahraga renang. Semoga bisa membuat kalian semakin semangat ya untuk sering-sering berolahraga.

Last modified on Sabtu, 17 November 2018 01:37

Leave a Comment