3 Alasan Kenapa Jahe Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit

By July 31, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sejak berabad – abad silam, Indonesia dikenal dengan kegemarannya menggunakan rempah – rempah hasil bumi Nusantara. Salah satu yang tak kalah populer adalah rempah berupa jahe. Masyarakat umumnya, menggunakan jahe sebagai bumbu masakan. Selain itu, jahe juga dikenal sebagai tanaman obat keluarga.

Siapa yang batuk atau demam? Sajikan minuman hangat dari sari ekstrak jahe, maka seketika tubuh akan terasa lebih hangat dan nyaman.

Cita rasa jahe yang sedikit pedas memang dimanfaatkan untuk berbagai penyembuhan tradisional atau obat – obatan herbal.

Konon, asal mula jahe berasal dari saudagar asal Gujarat, India yang berdagang ke Nusantara. Jahe kemudian ditanam luas hingga ke seluruh pelosok negeri hingga kini.

Selain diseduh menjadi minuman hangat yang nikmat, jahe rupanya juga bermanfaat bagi kaum Hawa. Terutama mereka yang ingin menjaga keelokan dan kemulusan kulitnya.

Wah, penasaran apa saja manfaat jahe untuk kecantikan kulit wanita? Anda wajib baca terus artikel ini ya..

1. Ramuan jahe untuk mencegah penuaan dini kulit

Bicara tentang penuaan kulit, tentu banyak wanita yang merasa enggan dan langsung melakukan berbagai cara pencegahan. Merawat kecantikan kulit salah satunya bisa dilakukan dengan spa atau terapi pijat dengan rempah – rempah jahe.

Teknik pijat dan lulur rempah jahe akan mengangkat sel – sel kulit mati dan meregenerasi sel – sel kulit baru yang lebih muda. Kulit akan tampil lebih bercahaya, kencang dan halus.
Berikut ini bahan yang dibutuhkan untuk membuat lulur pijat tradisional dari jahe:

- 1 sdt Jahe

- 1 cangkir Kopi

- ½ cangkir Alpukat

- 3 tetes Minyak daun kayu manis

Cara membuat:

- Campurkan semua bahan yang sudah dihaluskan dengan ditetesi minyak daun kayu manis.

- Aduk hingga merata

- Tetesi lagi dengan minyak kayu manis hingga menciptakan tekstur kekentalan yang diinginkan untuk memijat kulit.

- Oleskan pada seluruh permukaan tubuh hingga merata.

- Diamkan selama 15 – 30 menit sambil tubuh dipijat

Keunggulan lulur jahe ini adalah sensasi rasa hangat yang menyelimuti permukaan tubuh.

Mampu memberikan sensasi tubuh lebih rileks, santai dan menenangkan syaraf dan otot yang tegang karena aktivitas padat. Lakukan perawatan kulit ini 2 – 3 kali seminggu.

2. Mengatasi kulit berminyak

Wajah yang tampak mengkilap dan kusam membuat rasa percaya diri memudar? Terutama jika Anda harus sering menghadapi klien atau ketika bertemu dengan teman – teman. Kulit berminyak memang menjengkelkan. Selain sulit menemukan produk kosmetik yang tepat, perawatan kulit berminyak juga harus ekstra telaten.

Untungnya, jahe bisa menjadi perawatan alami yang diandalkan untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya, cukup mudah. Jahe hanya diparut atau ditumbuk kasar, kemudian ditambahkan garam laut. Tambahkan juga sedikit bubuk kayu manis dan pala bubuk ke dalam campuran tersebut.

Beri sedikit air hingga mencapai kekentalan yang diinginkan menyerupai pasta dan bisa dioleskan ke kulit wajah. Fungsikan pasta ini seperti masker wajah pada umumnya. Pastikan untuk mengoleskan secara tipis dan merata, lalu diamkan sejenak selama 15 – 30 menit. Basuh muka dengan air dingin. Lakukan perawatan secara rutin 2 - 3 kali seminggu.

3. Eksfoliasi kulit

Untuk melakukan lulur atau eksfoliasi kulit, anda bisa memeras air jahe lalu dicampurkan garam laut dan irisan kulit jeruk. Khasiat butiran jahe yang lembut bisa mengangkat sel - sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit yang lebih muda. Ditambah lagi, ada kombinasi antara garam laut dan kulit jeruk agar eksfoliasi sel kulit mati lebih efektif.

Last modified on Tuesday, 31 July 2018 07:24

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama