5 Manfaat Tersembunyi Bawang Merah Untuk Kesehatan

By July 9, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang harus selalu ada dan wajib di deretan rak bahan makana. Bawang merah membuat cita rasa masakan makin sedap, wangi dan gurih. Selain menambah cita rasa makanan, ternyata bawang merah memiliki manfaat dari segi kesehatan.

Bahkan, pada masa lalu, banyak orang – orang tua yang mengonsumsi bawang merah secara langsung atau mengonsumsi ketika masih mentah. Mengutip dari laman care.com, berikut adalah manfaat menggembirakan bawang merah untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah Kanker

Seperti yang diketahui, penyakit kanker adalah pembunuh nomor satu di seluruh dunia. Sebagian besar penderita kanker sulit untuk bisa sembuh. Untungnya, di alam sudah terdapat pengobatan tradisional kanker, yaitu mengonsumsi bawang merah.

Ternyata, bawang merah mengandung senyawa belerang atau yang lebih dikenal dengan sulfur. Kandungan senyawa belerang inilah yang melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya pemicu kanker.

2. Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan menimbulkan berbagai penyakit komplikasi. Meskipun, disarankan untuk tetap rutin berolahraga dan mengatur pola makan. Para pelaku diet untuk menurunkan berat badan bisa mengonsumsi bawang merah sebanyak 3 sampai 4 butir.

Konsumsi bawang merah setiap hari selama program diet berlangsung. Kromium pada bawang merah akan membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

(Baca Juga : 8 Khasiat Minyak Zaitun Untuk Perawatan Wajah)

3. Menyehatkan Jantung

Masalah penyakit jantung bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang merah bukan hal yang asing. Sejak dahulu, bawang merah dikenal memiliki kandungan senyawa asam amino sulfur atau sufida methylallyl. Kandungan senyawa asam amino ini dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi bawang merah mentah juga akan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil dan normal. Alhasil, peredaran darah akan dapat bersirkulasi dengan baik dan lancar untuk menjaga kesehatan jantung sebagai pemompa darah.

Kesehatan jantung juga sangat berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi. Pada sebagian masyarakat tanah air, pasien hipertensi juga tak kalah banyak. Setelah mengonsumsi daging seperti sate ayam atau sate kambing, sebaiknya konsumsi bawang merah mentah untuk menjaga kestabilan kolesterol di dalam darah.

4. Mengontrol Diabetes

Membicarakan tentang penyakit diabetes, kebanyakan orang Indonesia yang mengonsumsi nasi sebagai bahan makanan pokok tentu sudah tidak asing. Sudah banyak anggota keluarga di Indonesia yang meninggal karena penyakit diabetes.

Pada dasarnya, diabetes sendiri merupakan penyakit akibat menurunnya kadar gula darah di dalam tubuh atau insulin. Padahal, di dalam tubuh insulin sangat penting untuk proses metabolisme. Jika sistem metabolisme tubuh terganggu, akibatnya banyak fungsi syaraf dan organ tubuh yang ikut rusak atau mengalami neuropati. Untungnya, dengan mengonsumsi bawang merah baik mentah atau yang sudah dimasak, gula darah dapat terjaga lebih stabil dari sebelumnya.

(Baca Juga : Rahasia Madu Untuk Kecantikan Alami)

5. Masalah Pendarahan

Bagi yang sering mengalami masalah pendarahan seperti mimisan atau luka, bisa memakai bawang merah. Caranya yaitu menghirup aroma sulfur di dalam bawang merah yang sudah diiris, darah yang keluar akan berhenti. Selain itu, bawang merah juga bisa mengatasi wasir atau ambeien.

6. Mengatasi Radang Tenggorokan

Cuaca yang tidak menentu atau musim hujan kerap menyebabkan infeksi ISPA atau radang tenggorokan. Nah, bawang merah cukup ampuh mengatasi radang tenggorokan karena pergantian musim yang kerap mengganggu aktivitas. Caranya, bawang merah yang sudah diiris bisa dikonsumsi mentah atau dijadikan bahan makanan lain. Seperti burger, omelet dan lainnya.

Last modified on Monday, 09 July 2018 05:06

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama