Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Haid Tidak Teratur

By June 30, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setiap wanita memiliki siklus haid berbeda-beda. Biasanya terjadi selama 3 sampai 7 hari, bisa lebih panjang atau lebih pendek. Haid yang tidak lancar atau tidak teratur adalah kondisi siklus haid menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan bahkan tidak terjadi sama sekali.

Selain itu, menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya haid berubah-ubah setiap bulannya. Beberapa penyebab datang haid yang tidak teratur antara lain, menopause, kehamilan, alat kontrasepsi atau juga karena pola hidup sehari-hari.

Setiap gejala haid yang tidak teratur, ada penanganannya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

1.Lakukan Gaya Hidup Sehat

Pola gaya hidup sangat berpengaruh bagi kesehatan, khusus untuk wanita. Mulai batasi konsumsi gula dan kafein yang berlebihan, karena hal tersebut telah terbukti menganggu jadwal haid. Ganti camilan atau snack manis dengan buah-buahan yang mengandung gula alami.

2.Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi sudah termasuk gaya hidup sehat. Membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya gizi dan serat. Perbanyak juga asupan makanan kaya vitamin A, B, E, dan K.

3.Jangan Stres Berlebihan

Usahakan agar tubuh dan pikiran tidak stres. Karena siklus haid dapat terganggu apabila terlalu sering mengalami kecemasan dan kegelisahan akibat stres. Buatlah tubuh rileks dengan berendam air hangat atau luangkan waktu untuk istirahat yang cukup.

(Baca Juga : Tak Disangka, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Membuat Kuku Cantik Berkilau)

4.Rutin Berolahraga

Olahraga sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh. Lakukan olahraga ringan yang mudah seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Hal tersebut akan memperlancar aliran darah dan haid pun lancar

5.Rajin Minum Air Putih
Mengonsumsi air putih merupakan salah satu cara melancarkan haid. Air putih penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh maka haid akan teratur.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama