Benarkah Puasa Bisa Menurunkan Berat Badan ?

By June 10, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sebagian besar wanita punya impian memiliki tubuh ideal. Banyak dari wanita mengikuti serangkaian olahraga, diet sampai meminum obat pelangsing. Dalam Islam sendiri, ada satu hal yang bisa dilakukan selain diet, yaitu puasa.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan jurnal Cell Research dilansir melalui Msn.com, pola puasa sendiri dapat membantu menurunkan lemak putih yang bertanggung jawab membuat tubuh menjadi gemuk. Selain itu, sistem glukosa dan insulin dalam tubuh menjadi stabil.

Namun, hal yang perlu diperhatikan dalam berpuasa adalah menjaga pola makan terutama saat berbuka. Seringnya, ketika berpuasa seharian membuat tubuh merasa kelaparan sehingga menuruti nafus untuk makan banyak setelah berbuka. Padahal puasa sendiri membuat metabolisme tubuh bekerja lebih lambat dari biasanya. Hal tersebut justru lebih beresiko untuk menambah berat badan.

Berikut tips yang bisa membantu menurunkan berat badan saat berpuasa.

1.Minum air yang cukup

Konsumsi air putih menjadi hal penting dalam keseharian. Wajib minum air putih minimal 8 gelas sehari. Pastikan minum air putih dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah Tarawih, dua gelas sebelum tidur, dan dua gelas ketika sahur.

(Baca Juga : Mengkonsumi Sayuran Mentah Menyehatkan, Benarkah?)

2.Hindari berbuka dengan yang manis

Pada umumnya berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang manis untuk mengembalikan energi. Hanya saja mengonsumsi makanan dan minuman manis terlalu banyak akan menjadi lemak yang disimpan di dalam tubuh. Saat berpuasa, produksi insulin tubuh menurun. Fungsi insulin tubuh adalah mengubah gula menjadi sumber energi.

Jika gula tidak diubah menjadi sumber energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Jadi hindari makanan dan minuman berlebihan. Lebih baik pilih makanan yang mengandung karbohidrat komplek untuk menambah energi. Semisalnya, dari buah, sayur, dan nasi merah.

3. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Lebih baik lagi saat menyantap sahur dan berbuka, pastikan kaya akan serat dan protein. Serta mudah diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Tubuh akan merasa berenergi sepanjang hari tanpa kelaparan selama berpuasa.

Selain itu makanan tinggi serat dan protein juga membantu menekan hawa nafsu sehingga ketika waktunya makan malam setelah berbuka, tubuh tidak berlebihan dalam konsumsi makanan berat.

4.Jaga porsi makan saat berbuka

Jaga porsi makan saat berbuka dan jangan berlebihan. Karena bisa meningkatkan gula darah secara drastis. Selain itu tubuh tidak dapat memproduksi banyak insulin pada saat berpuasa. Gula pun hanya akan berubah menjadi lemak dalam tubuh.

Seperti halnya dikutip oleh Dr. Juni Tjahjati, Dokter Dermatology dan Pemilik Klink Kecantikan JT Clinic, “Saat berbuka, harus konsumsi makanan sedikit saja, untuk meningkatkan metabolisme pencernaan dalam tubuh. Setelah shalat Tarawih bisa dilanjutkan dengan makan berat.”

5.Tetap rutin berolahraga

Seperti di hari biasa, bulan puasa bukan berarti tubuh bisa bermalas-malasan. Berolahraga justru bisa menurunkan berat badan. Biasanya tubuh menghasilkan energi dari pembakaran glukosa.

Jika glukosa sudah habis, tubuh juga akan mencari sumber energi lainnya, yaitu cadangan lemak. Otomatis tubuh akan membakar lemak yang berlebihan dan langsung mengurangi berat badan.

(Baca Juga : Puasa Ramadhan Sebagai Salah Satu Pondasi Agama)

6.Kurangi makanan berminyak saat berbuka dan sahur

Makanan wajib yang tidak bisa ditinggalkan saat berbuka contohnya gorengan. Padahal sudah dipastikan makanan berminyak mengandung lemak jahat (lemak jenuh) dan memicu kegemukan.

Demi memenuhi kebutuhan nutrisi saat berbuka bisa mengganti dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh lebih baik untuk kesehatan, karena tidak meningkatkan kolestrol. Misalnya, kacang-kacangan, alpukat, dan ikan.

7.Tidur yang cukup

Tidur bisa menjadi alternatif cara menurunkan berat bada saat berpuasa. Usahakan tidur secukupnya, jika tubuh kurang tidur akan mengacaukan sistem metabolime. Akibatnya, tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif.

Tidur di siang hari pun bisa menekan rasa lapar dan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi ghrelin dan meningkatkan leptin. Dua hormon metabolik ini mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

Jadi, Puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dapat menurunkan berat bada. Namun perlu diingat bahwa niat utama berpuasa tetap untuk beribadah, sedangkan turunnya berat badan adalah nilai tambahan yang didapatkan. Semoga ibadah puasanya berjalan lancar.

Last modified on Sunday, 10 June 2018 12:42

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama