Sering Minum Obat? Inilah Bahaya Ketergantungan Obat Kimia

By August 31, 2017 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kebiasaan banyak orang secara otomatis akan mencari obat ketika ia merasa tubuhnya sakit. Seperti badan panas, pusing badan pegal-pegal dan gejala lainnya. Akses yang mudah untuk mendapatkan obat dan reaksinya yang begitu cepat dalam mengatasi suatu penyakit membuat orang-orang memilih untuk membeli obat kimia. Tapi sebenarnya reaksi tersebut tidaklah mengatasi penyebab penyakit tertentu, melainkan hanya menekan gejala yang timbul saja tanpa menjangkau penyebab yang sebenarnya.

Namun tahukah kamu bahwa meminum obat kimia secara berkelanjutan akan merusak organ-organ lain yang ada di dalam tubuh sehingga membuat kesehatan anda semakin memburuk. Menurut Dr. Hiromi Shinya pada buku “The Miracle of Enzyme” tahun 2005, beliau menyebutkan bahwa semua obat-obatan baik yang menggunakan resep ataupun tidak pada dasarnya berbahaya bagi tubuh apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Menurut Professor Farmakologi dari Universitas California, Milton Silverman, M.D. “Perhitungan kami menunjukkan kira-kira empat setengah juta orang per tahun masuk rumah sakit diakibatkan karena efek samping obat. Lebih jauh lagi, rata-rata pasien rumah sakit memiliki sebanyak 30% kemungkinan, – tergantung berapa lama ia dirawat inap , akan kembali lagi karena efek samping obat.”

Efek yang lebih nyata ketika ketergantungan obat kimia adalah luka lambung dan menurunnya fungsi ginjal. Karena obat kimia besifat asam, fungsinya hanya meredamkan syaraf bukan menyembuhkan akar penyakit, penyakit bisa dikatakan sembuh apabila kerja metabolisme kembali normal dan sel-sel yang rusak dapat terbaharui. Minum obat sekali dua kali tak ada masalah, yang berbahaya adalah jika sudah ketergantungan.

Cobalah untuk menjaga kesehatan tubuh, pola makan dan olahraga yang rutin. Apabila anda masih merasa membutuhkan obat, cobalah untuk mengganti perlahan obat kimia dengan obat-obatan herbal, karena obat herbal tidak memiliki efek samping yang berbahaya seperti obat kimia. Anda bisa meminum madu, sari kurma dan obat-obatan herbal lainnya. Selain sehat, madu juga merupakan obat yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,” Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an. (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadist no.3452, bab Madu)

Seandaiknya diperlukan minumlah obat - obatan sesuai resep dan anjuran dokter, hindari penggunaan berlebihan dan penyalahgunaan obat.

Last modified on Thursday, 31 August 2017 16:32

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama