Tips Nyaman dan Modis Bergaun Pesta Untuk Muslimah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bingung memilih gaya mode untuk menghadiri pesta pernikahan teman? Dunia mode hijab di Indonesia berkembang pesat hingga menjadikan negara kita ini sebagai salah satu kiblat fashion muslimah dunia. Seiring dengan banyaknya wanita muslimah yang berhijab, berbagai gaya hijab modern yang syar'i semakin menarik untuk diikuti. Karena itu, muslimah tetap bisa berekspresi dan berkreasi cantik dalam balutan gaun dan hijab yang disyariatkan Islam.

Namun, banyaknya gaya tersebut sebaiknya disesuaikan dengan situasi dan selera kamu sebagai penggunanya. Alih-alih ingin tampil modis, kamu malah tidak nyaman dengan berbagai alasan. Berikut ini sejumlah tips nyaman untuk kamu yang ingin mengenakan gaun di pesta pernikahan atau dalam istilah populernya, kondangan.

1.Ketahui Lokasi dan Waktu Acara

Hal sederhana tapi sebenarnya penting adalah lokasi dan waktu acara digelar. Ketahui dengan benar apakah acara akan digelar di dalam atau luar ruangan. Bisa juga diketahui apakah di gedung atau di rumah. Begitu juga dengan waktunya, kapan kamu berencana datang. Pagi, siang, sore, malam atau bahkan sepanjang hari.

Mengapa demikian? Hal ini akan memengaruhi pemilihan gaun, hijab, dan bahkan kosmetik yang akan digunakan. Misalnya, jika di luar ruangan, penggunaan warna lembut dengan model gaun dan sepatu yang lebih sederhana akan lebih nyaman digunakan ketimbang warna gelap yang tidak menyerap keringat dengan model gaun yang rumit. 

Begitu juga dengan waktu acaranya. Untuk siang hari yang cenderung lebih panas, kamu bisa mempertimbangkan gaun yang lebih sederhana dan adem, sementara malam hari, kamu bisa bergaya lebih elegan dan lebih bersinar dengan menambah aksesoris pada gaun maupun hijab. Karena itu, lokasi dan waktu bisa menjadi pertimbangan dalam memilih penampilan menghadiri undangan pernikahan.

2.Memilih Bahan yang Sesuai

Banyaknya model pakaian atau gaun muslimah dan hijabnya juga diikuti dengan varian bahan gaun tersebut. Di dunia mode pakaian muslimah, bisa disebutkan bahan seperti satin, katun, jersey, siffon, dan lain sebagainya. Jika salah memilih bahan, maka bisa jadi kamu akan merasa tidak nyaman.

Mengenal jenis tubuh dan wajah adalah salah satu cara mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Misalnya, untuk kamu yang mudah berkeringat, hindari gaun yang berbahan sifon dan satin yang langsung mengenai kulit. Bahan-bahan kain ini lebih sulit menyerap keringat sehingga akan lebih terasa panas hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Akan tetapi, bahan sifon dan satin memang lebih terlihat elegan dan mewah dan menjadi andalan untuk gaun pesta. Cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai pakaian luar atau outer sehingga tidak menyentuh kulit. Selain itu, bisa juga menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai ornamen tambahan gaun yang berbahan lebih nyaman.

3.Pilih Model Gaun dan Hijab yang Pas

Selanjutnya adalah tentang model gaun hijab itu sendiri. Banyak sekali model yang bisa diaplikasikan, dari mulai yang kasual hingga yang rumit, atau dari yang populer hingga yang syar'i. Semuanya tergantung selera dan kenyamanan kamu sendiri.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, memilih model dan hijab bisa disesuaikan dengan lokasi dan waktu acara. Selain itu, kamu bisa menyesuaikan dengan tema acaranya. Pilihlah model hijab yang sederhana jika acara yang digelar bertema kasual. Pada acara yang lebih formal, kamu bisa menyesuaikannya, tidak perlu mewah, tapi rapi dan indah. Yang terpenting adalah kenyamanan kamu sendiri. Kecantikan akan terlihat jika kamu nyaman dan percaya diri mengenakannya.

4.Memilih Warna

Tips lain adalah soal warna. Warna pastel akan menimbulkan kesan anggun pada siapa saja yang memakainya. Warna pastel ini memang menjadi warna tren sejak 2015 dan masih berlangsung tahun ini. Jika kamu ingin terlihat elegan tapi tetap sederhana, warna-warna pastel bisa menjadi pilihan. Warna ini juga pas jika digunakan untuk pesta di siang hari. 

Namun, jika kamu ingin tampil menonjol, kamu bisa menggunakan warna-warna yang tebal, seperti merah, biru, atau pink. Perlu diperhatikan, jika kamu menggunakan warna-warna menonjol seperti ini, pertimbangkan tema, lokasi, dan waktu acara. Selain itu, hati-hati dalam memadupadankan warna dan motif agar tidak berlebihan yang malah menimbulkan kesan norak. 

5.Memadupadankan Motif

Nyaman juga berarti indah dipandang mata. Memadupadankan motif dan warna adalah cara untuk tampil yang cantik dan indah. Jika menggunakan gaun dengan motif penuh, seperti bunga atau batik, maka gunakan hijab yang polos dengan warna senada. Hindari motif beradu motif pada gaun dan hijab karena bisa merusak penampilan kamu. 

Sebaliknya, jika kamu menggunakan gaun dengan warna yang polos, kamu bisa memilih hijab bermotif yang sesuai. Selain itu, penambahan aksesoris pun bisa mempertegas penampilan kamu yang serba polos.

 

Leave a Comment