Bertemu dengan 4 Panglima Perang Muslim Terpopuler Sepanjang Masa

By July 12, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sejarah peradaban Islam mencatat bahwasanya sejak abad ke-7 Masehi, kaum Muslim sudah melakukan peperangan untuk melawan kaum Musyrikin Mekah dengan sejumlah tentara dan panglima besar yang hebat.

Tidak hanya di Mekah, tentara Islam bahkan juga menyerbu bangsa Eropa yang saat itu dikuasai bangsa Romawi hingga terkenal penaklukkan Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Al Fatih.

Setelah berhasil merebut benua Eropa, peperangan demi peperangan tak terelakkan. Dalam peperangan ini beberapa panglima perang berhasil menorehkan namanya dalam tinta emas sejarah Islam yang populer dengan kepiawaiannya memimpin pasukan.

Berikut adalah panglima perang Muslim terpopuler sepanjang zaman :

1. Tariq bin Ziyad

Kehebatan panglima perang Muslim sepanjang sejarah Islam, Tariq bin Ziyad, tak bisa dibantah lagi. Sebagai seorang muslimin yang taat, ia berangkat menuju ke tanah Eropa untuk menyasar negara Spanyol.

Pada abad ke-6, Tariq bin Ziyad berangkat untuk menginvasi Spanyol dengan mendaratkan diri di Gibraltar. Tentaranya berjumlah 10.000 orang dengan menumpang sebuah kapal. Kegigihan berperang dan pantang pulang tanpa merebut kemenangan ini membuat Tariq memutuskan untuk membakar kapal agar tidak ada lagi kata mundur dan terus maju berperang.

Kendati pasukan musuh berjumlah 100.000 orang, Tariq tak pernah menyerah. Ia kemudian meminta tambahan 7.000 pasukan dan tak disangka, ternyata Tariq berhasil merebut kemenangan gemilang saat Peperangan Guadalete, di mana Raja Roderic berhasil ditumpas.

Selanjutnya, satu tahun kemudian, Tariq dengan pasukan 17.000 orang, terus menginvasi Spanyol hingga menguasai hampir 2/3 semenanjuang Iberia.

Peperangan ini berhasil menaklukkan Barcelona, Iberia, Saragossa, dan Portugal. Tentara Muslim bahkan sempat menaklukkan kota Lyons di Perancis. Sejak itulah, bangsa Eropa takluk di bawah kekuasaan Muslim hingga tahun 1492.

(Baca Juga : Kisah Menakjubkan Sang Panglima Angkatan Laut Pertama Umat Islam)

2. Salahuddin Al-Ayyubi

Siapa yang tak kenal dengan Sultan Saladin yang terpopuler sepanjang masa? Salahuddin Al Ayubi dikenal bangsa Eropa dengan nama Sultan Saladin. Komandan Muslim terhebat ini berhasil menaklukkan Inggris, Raja Richard si hati singa dalam Perang Salib.

Sultan Saladin lahir di Irak, pada 1137 dalam keluarga keturunan suku Kurdi. Sejak belia, ia memang sudah mahir berperang karena diajak pamannya, Shirkuh ke berbagai medan pertempuran. Bahkan pada usia 32 tahun, Sultan Saladin menjadi pemimpin pasukan militer Muslim di Mesir.

Kemudian, Sultan Saladin berhasil menaklukkan kota – kota di Suriah, seperti Aleppo, Mosul dan Damaskus, pada usia 45 tahun. Muncullah sebutan Dinasti Ayyubiyah yang melakukan pergencatan senjata dengan Tentara Salib.

Namun, ternyata tentara Salib melanggar perjanjian, dan tak berselang lama, Sultan Saladin kembali berperang. Tercatat pada Juli 1187, Sultan Saladin berhasil meraih kemenangan di Yerussalem pada Pertempuran Hattin tanggal 4 Juli 1187.

(Baca Juga : Menilik Masa Kejayaan Islam di Uzbekistan)

3. Harun al-Rashid

Khalifah Iran ke-5 dari Dinasti Abbasiyah ini menjadi pemimpin perang hebat pada tahun 786. Ia merupakan putra ketiga Mohammed al-Mahdi, dan dinobatkan sebagai putra mahkota ke-2 saat berusia 16 tahun.

Dinasti Abbasiyah merupakan salah satu dinasti yang membawa puncak keemasan sejarah peradaban muslim di Iran. Antara lain menaklukkan Maroko, India, hingga Bizantium pada tahun 797 – 806.

4. Mahmud dari Ghazni

Mahmud menjadi pemimpin pertama dalam sejarah yang berhasil menyandang gelar “Sultan” dalam kekaisaran Ghaznavid di Afghanistan.

Mahmud menjadi panglimra perang muslim terpopuler sepanjang masa karena mampu menginvasi India dari tahun 1000 hingga 1027 selama 17 kali. Setelah sukses menaklukkan India, Mahmud mendirikan berbagai masjid, istana dan juga universitas untuk mengembangkan Islam.

Last modified on Thursday, 12 July 2018 09:33

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama