5 Rekomendasi Masjid Untuk Itikaf

By June 10, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bulan Ramadhan sudah memasuki sepuluh hari terkakhir, dimana pada malam tersebut Allah sebutkan akan datang malam lailatul qadar. Ibadah yang dilakukan pada malam penuh kemulian ini setara dengan ibadah selama 1000 bulan.

Persiapan diperlukan untuk memasuki 10 malam terakhir Ramadhan, tentunya agar tidak menjadi sia-sia. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menentukan tempat untuk melakukan itikaf.

Biasanya itikaf dilakukan di masjid yang dekat dengan tempat tinggal atau masjid besar yang memang menyelenggarakan itikaf bagi jamaah. Berikut ini ada beberapa rekomendasi masjid yang nyaman sebagai tempat untuk menghabiskan 10 malam terakhir pada Bulan Ramadhan.

1.Masjid Sunda Kelapa

Masjid Sunda kelapa terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat dan dekat dengan transportasi publik. Suasana di masjid ini nyaman untuk beribadah dengan fasilitas karpet tebal dan ruangan yang ber-AC serta terdapat layar besar di depan sehingga jamaah perempuan dapat melihat penceramah.

Fasilitas kamar mandi dan tempat wudhu pada masjid ini nyaman dan lumayan banyak, sehingga jamaah tidak perlu mengantri. Di sekitar area komplek Masjid Sunda Kelapa banyak pedagang-pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman, sehingga jamaah dapat membeli persiapan untuk berbuka dan sahur. Terdapat juga mesin ATM di area komplek masjid.

(BAca Juga : Ini Tanda Seseorang Mendapatkan Malam Lailatul Qadr)

2.Masjid At-Tin

Masjid At-Tin terletak di Jakarta Timur, dekat dengan Taman Mini Indonesia Indah. Masjid ini memang sudah menjadi langganan warga sekitar untuk menjalani itikaf di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Panitia masjid menyediakan tempat terpisah untuk sholat dan beribadah sehingga kekhusyuk-an ibadah tidak terganggu. Selain disediakan karpet tebal dan ruangan yang nyaman dan ber AC, toilet dan tempat wudhu masjid ini nyaman bagi jamaah itikaf.

3.Masjid Andalusia

Masjid Andalusia terletak di kawasan Sentul City, Bogor. Bagi jamaah yang ingin itikaf di masjid Andalusia dapat mendaftar dahulu kepada panitia penyelenggara agar disediakan sahur dan takjil untuk berbuka puasa. Suasana masjid ini nyaman untuk beribadah, dikarenakan tempat sholat dan tempat istirahat yang terpisah bagi laki-laki dan perempuan.

4.Masjid Balaikota Depok

Masjid Balaikota Depok menjadi langganan bagi warga Depok dan sekitarnya untuk melakukan itikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan. Pasalnya, kegiatan Itikaf di masjid ini didukung oleh Pemkot Depok, sehingga fasilitas pada masjid ini ditingkatkan untuk kenyamanan jamaah. Disediakannya karpet tebal dan ruangan yang ber AC serta kupon makan untuk sahur dan takjil untuk berbuka bagi setiap jamaah. Untuk itu jamaah dapat lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah.

(Baca Juga : Perhatikan, Inilah Tanda Datangnya Lailatul Qadr)

5.Masjid Al-Barkah

Masjid Al-Barkah terletak di Margajaya, Bekasi Selatan merupakan salah satu Masjid favorit warga Bekasi untuk itikaf. Selain karena masjid ini nyaman, panitia juga menyediakan sahur dan takjil untuk berbuka puasa bagi jamaah maupun musafir.

Masjid ini menyelenggarakan program 1 malam tarawih 1 juz yang di Imami oleh hafidz Qur’an. Selanjutnya pada waktu tertentu masjid ini melakukan kajian yang dapat diikuti oleh seluruh jamaah.

Last modified on Sunday, 10 June 2018 12:40

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama