The Breadwinner, Kisah Perjuangan Gadis 11 tahun di Daerah Konflik

By October 2, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Film animasi The Breadwinner yang diliris pada tahun 2017 lalu menjadi salah satu film animasi terbaik yang wajib untuk ditonton bersama keluarga. Film ini berkisah tentang seorang anak perempuan berusia 11 tahun yang terpaksa harus berdandan seperti anak laki-laki untuk menyelamatkan keluarganya.

Parvana dan keluarganya hidup di Kota Kabul, Afghanistan dimana daerah tersebut dikuasai oleh para Taliban. Selanjutnya pada masa tersebut dikisahkan bahwa perempuan tidak memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Perempuan pada masa itu hanya diperbolehkan untuk berdiam diri dirumah, Parvana dan kakaknya berhenti sekolah dan ibunya kehilangan pekerjaan.

Kehidupan keluarga Parvana semakin sulit tatkala ayahnya Nurulla ditangkap secara paksa oleh Taliban. Hal ini mengakibatkan keluarga Parvana kehilangan sosok laki-laki sebagai pelindung dan tulang punggung keluarga. Tak ingin terus menerus hidup dalam keterpurukan, Parvana berjuang untuk membantu ibu dan kakak-kakaknya dengan merubah tampilannya menjadi mirip seorang anak laki-laki.

Hidup dengan menyamar menjadi seorang anak laki-laki membuat Parvana mendapatkan hak yang selama ini tidak ia dapatkan. Seperti bekerja, belajar, dan dapat pergi kemana saja tanpa batasan, ia pun bertekad untuk menemukan ayahnya yang di tangkap oleh Taliban.

Perjalanan yang harus ditempuh oleh Parvana untuk menemukan ayahnya tidak mudah, namun ia tidak menyerah dan bertekad untuk berjuang hingga bisa bertemu dengan ayahnya dan keluarganya dapat berkumpul kembali.

Film yang masuk dalam nominasi Oscar sebagai Best Animation Feature ini diangkat dari novel karangan Deborah Ellis dengan judul yang sama yang disutradarai oleh Nora Twomey dan diproduseri oleh aktris papan atas Angelina Jolie.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama