Jadi Motivasi Berangkat Haji, 5 Film Ini Patut Ditonton

By August 9, 2018 0
Film Haji Backpacker Film Haji Backpacker

Muslimahdaily - Menjelang masuknya bulan Dzulhijjah membuat sebagian umat muslim mempersiapkan ibadah haji yang merupakan salah satu ibadah yang sangat dinanti. Di situlah seluruh umat muslim bersatu dan menjadikan dirinya semakin dekat dengan Allah dengan tercapainya rukun Islam kelima ini.

Melihat suasana haji yang begitu menggembirakan, beberapa sutradara dari berbagai belahan dunia juga ingin memberikan motivasi melalui ide kreatif mereka dalam membuat film bertema haji. Seperti inilah 5 film yang akan turut menghibur keluarga muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan haji.

1. Haji Backpacker (2014)

Film ini menceritakan seorang Mada (diperankan Abimana Aryasastya) yang kecewa kepada Tuhan akan kehidupan yang dijalaninya. Ibunya meninggal dan ia gagal bersatu bersama Sophia (diperankan oleh Dewi Sandra). Itulah yang menyebabkan Mada berkenala dari negara satu ke negara lainnya dan lupa dengan Tuhannya.

Dari setiap perjalanannya Mada menemukan berbagai masalah.Namun di balik itu, Mada menyadari bahwa Tuhan selalu bersamanya. Melewati sembilan negara dengan jalur darat mengahantarkannya ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Di situlah Mada kembali dan bertaubat kepada Tuhan-Nya setelah ia tersadar akan kesalahannya selama ini.

2. Adaminte Makan Abu (2011)

Dirilis 24 Juni 2011, film drama India yang disutradarai oleh Salim Ahamed ini menceritakan tentang seorang penjual attar (semacam parfum dari bunga) yang ingin mewujudkan satu harapannya yaitu menunaikan ibadah haji.

Abu (Salim Kumar) dan istrinya Aishumma (Zarina Wahab) adalah sepasang Muslim Moplah tua yang tinggal di wilayah Malabar di Kerala. Abu menjual attar, buku agama dan pengobatan Unani yang jarang sekali orang membutuhkan pengobatan tersebut. Begitupun dengan Aishumma yang mencoba menjual sapi dan ayam untuk membantu suaminya dmei terwujudnya mimpi mereka.

3. Emak Ingin Naik Haji (2009)

Menceritakan kehidupan seorang emak (Ati Kanser Zein) yang ingin sekali naik haji namun keterbatasan biaya menjadi hambatannya. Anaknya, Zein (Reza Rahadian) sangat ingin mewujudkan cita-cita ibunya. Zein bekerja sebagai sopir sekaligus pembantu rumah tangga dan mengumpulkan kupon undian haji dari belanja di supermarket.

Kemudian mencari koran berisi undian naik haji gratis. Kebetulan kupon milik Zein keluar sebagai pemenang undian haji tersebut. Ketika hendak memberikan kabar tersebut, Zein kecelakaan. Saat dibawa ke rumah sakit, kebetulan saat itu pak haji sedang senang dengan kelahiran cucu laki-lakinya. Sebagai bentuk syukur, Anak pak haji kemudian mengajak emak dan Zein naik haji bersama dan dibayar oleh pak haji.

4. Journey to Mecca (2009)

Film dengan format IMAX ini bercerita tentang perjalanan haji seorang petualang muslim tahun 1325-1326 M, Ibn Battuta (Chems Eddine Zinoun, yang wafat tanggal 12 November 2008). Film ini mengajak penonton untuk merasakan beratnya perjalanan haji ke Masjidil Haram pada abad 13M.

Film Journey To Mecca ini pun mengajak penonton melihat prosesi haji pada abad 21. Kerumunan jamaah melakukan thawaf, sa’i, bermalam di Arafah, dan lontar jumarah di Mina.Pemandangan ini tentu membuat penonton terharu dengan kebesaran Allah Subhanahu a ta’ala saat mengumpulkan ummat-Nya di Baitullah.

5. The Massage (1976)

Terakhir adalah film karya Almarhum Moustappa Akkad, seorang sutradara Amerika Serikat keturunan Suriah yang menceritakan tentang lahirnya Islam pada abad 6 Masehi pada film ini.Walaupun film lawas, dari situ penonton dapat merasakan suasana peperangan Islam seperti perang badar, perang uhud, dan perang lainnya.

Film ini juga menceritakan awal Nabi Muhammad Shallalu’alaihi wa sallam menerima wahyu pertama hingga dilaksanakannya ibadah haji perpisahan yang di mana hari itulah Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya.

Last modified on Friday, 10 August 2018 15:59

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama