8 Film Religi Indonesia Terbaik Untuk Ditonton Bersama Keluarga

By June 16, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menjelang Lebaran, Ramadhan, atau peringatan hari keagamaan tertentu, banyak film – film bernafaskan religi yang dirilis di bioskop seluruh tanah air. Film religi di Indonesia biasanya diadaptasi dari novel – novel terlaris atau diangkat dari biografi tokoh agama populer.

Menikmati film bertema agama Islam memberikan sejumlah manfaat. Terlebih jika menonton bersama keluarga. Selain mendapatkan hiburan, ada banyak nilai – nilai Islam yang bisa menambah wawasan dan pengetahun. Berikut adalah film religi Indonesia yang asyik ditonton bersama keluarga.

1. 99 Cahaya Di Langit Eropa (2013)

Kehadiran agama Islam di Eropa sejatinya sudah berlangsung sejak berabad – abad silam. Namun, di masa modern, kebanyakan orang mulai mengkaji Islam dari berbagai Islamic Center atau membaca Al-Qur’an. Dari film bertajuk “99 Cahaya di Langit Eropa” ini, penonton akan diajak untuk melihat kehidupan Islam di Eropa. Penyebaran agama Islam di Eropa menggunakan dakwah, dan sama sekali jauh dari kekerasan.

(Baca Juga : Timbuktu, Film Bertema Islam yang Masuk Oscar)

2. Ayat - Ayat Cinta 2 (2017)

Mengadopsi dari novel terlaris sekaligus mas kawin sang pengarang, Habiburrahman El Shirazy. Film Ayat – Ayat Cinta 2 hadir pada 2017. Menurut sang pengarang, novel Ayat – Ayat Cinta 2 2 (2017) sangat sulit untuk dirampungkan karena ada banyak konflik dan kisah seru di dalamnya yang berbalut nafas Islam.

Diproduseri oleh keluarga India konglomerat, Manoj Punjabi dan Dhamoo Punjabi, tokoh Fahri yang diperankan oleh Ferdi Nuril kembali membagi cintanya dengan wanita – wanita cantik yang berada di sekelilingnya.

3. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Mengusung budaya pondok pesantren yang masih memiliki tradisi perjodohan, film Perempuan Berkalung Sorban (2009), sukses mencuri perhatian para pecinta film Indonesia. Apalagi, sang tokoh utama diperankan oleh aktris cantik, Revalina S. Temat dengan baik.

Ada banyak problema dari kehidupan nyata dan fakta yang ada diangkat dalam film ini. Seperti perjodohan, pernikahan tanpa cinta, poligami, hingga pendidikan bagi kaum hawa di tanah air yang masih mendapatkan diskriminasi.

4. Surga Yang Tak Dirindukan (2015)

Lewat besutan tangan dingin novel karangan Asma Nadia, lahirlah sebuah film “Surga yang Tak Dirindukan” pada 2015. Novel laris yang kemudian diangkat dalam film ini mengusung tema poligami yang hangat di masyarakat.

5. Assalamualaikum Beijing (2014)

Masih mengadaptasi salah satu novel terlaris karya Asma Nadia pada 2014, film “Assalamualaikum Beijing” mendapat sambutan dan apresiasi yang cukup bagus. Dari kisah film tersebut, penonton diajak berkeliling ke pedesaan Cina dan ibukotanya, Beijing. Termasuk bagaimana masyarakat di Cina mengenal dan menghormati kaum Muslim di sana.

6. Ada Surga di Rumahmu (2015)

Film ini masih mengadaptasi dari novel best seller dengan judul sama ciptaan Ustadz Al Habsyi. Mengusung tema dinamika seorang pemuda yang bingung di antara memilih masuk pondok pesantren atau menjadi seorang artis di ibukota.

Pesan moral film yang ingin disampaikan, tidak perlu bingung atau jauh – jauh menggapai kebahagiaan. Karena justru “surga” itu ada di rumah kita.

(Baca Juga : Ini Dia Empat Film yang Siap Ramaikan Libur Lebaran)

7. Negeri 5 Menara (2012)

Kembali mengangkat tema pondok pesantren, ada banyak semangat berjuang yang layak ditiru oleh penonton. Film ini diadaptasi dari novel best seller karangan A.Fuadi.

8. Sang Kiai (2013)

Mengisahkan perjuangan sang tokoh pendiri Nahdatul Ulama, K.H. Hasyim Asy’ari dan H. Wahid Hasyim yang tetap berkeras dan gigih mendirikan pondok pesantren pada masa penjajahan Jepang. Darah dan air mata yang mengalir menjadi saksi bisu perlawanan tokoh Islam di tengah perang melawan penjajahan Jepang. Film ini mendapat apresiasi dengan masuk dafar 86 besar kategori “Best Foreign Language” piala Oscar.

Last modified on Saturday, 16 June 2018 09:52

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama