Review Buku Teladan Muhammad, Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Rasulullah

By July 16, 2018 0
Buku Teladan Muhammad Buku Teladan Muhammad

Muslimahdaily - Sebagai umat Islam, kita tentu sangat menjunjung tinggi Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam karena beliau adalah orang yang mulia penutup dari segala Nabi. Perjuangannya membela Islam hingga akhir hayatnya menjadi teladan bagi kita.

Dalam sebuah hadistnya disampaikan, suatu ketika Ibnu Abbas bertanya kepada Aisyah, "Wahai Ummul Mukminin beritahukan kepadaku akhlak Rasulullah." Aisyah kemudian kembali bertanya, "Bukankah engkau membaca Al-Quran?" Ibnu Abbas menjawab, "Benar." Aisyah pun berkata, "Sungguh akhlak Rasululllah adalah Al-Quran." (HR.Ahmad).

Melalui Buku bertajuk Teladan Muhammad. Belajar Langsung Dari Rasulullah Seakan Anda Melihatnya menjadi salah satu kumpulan kisah untuk mengingat kembali dan menjadi tuntunan supaya kita memiliki keindahan iman seperti beliau. Insha Allah.

Karya istimewa terbitan Maghfirah Pustaka ini mencoba mengajak kita mengenal bagaimana seluk-beluk diri kehidupan Rasulullah secara personal baik kebiasaan, karakter dan juga pengaruhnya terhadap orang-orang di sekitarnya.

Buku ini juga berbeda dengan buku biografi seputar Nabi Muhammad pada umumnya. Tampil full color dan dilengkapi dengan foto dan gambar yang memanjakan visual kita, membuat pembaca tidak cepat merasa bosan.

Terdapat 23 Bab yang memaparkan secara lengkap segala aktivitas beliau. Dimulai dari kisah berlatar belakang beliau mulai dari beliau kecil hingga dewasa sampai menjadi seorang Nabi yang membesarkan Islam. Mulai dari penggambaran perawakan fisiknya yang dimulai dari dari ujung rambut hingga ujung kaki, sehingga akhirnya pembaca bisa merasakan seolah-oleh berjumpa dengannya.

Kebiasaan-kebiasaan Rasulullah semasa hidupnya seperti bagaimana tata cara makan serta minum, berinteraksi dengan sesama, bersuci atau berwudhu, bertutur kata, hidup bertetangga bahkan sampai persiapan tidur digambarkan secara apik di dalam buku ini. Hal-hal kecil yang seringkali terlupakan oleh kita.

Tak hanya bermuatan data-data saja tetapi uraian-uraian disini didukung oleh Al-Quran dan Hadist membuat apa yang disampaikan dalam buku ini terasa sangat mendalam dan dapat menambah ketaqwaan kita kepada Allah Subhnahu wa ta’ala serta Rasulullah.

Kita juga bisa mengenal lebih jauh bagimana sifat-sifat dan akhlak dari yang selalu dilakukan hingga sikap yang tidak ia sukai serta kita hindari. Contohnya diutarakan bagiamana sikap Rasulullah yang menjaga tetap wara, tawadhu, dermawan.

Misalnya sikap Rasulullah yang mencontohkan untuk tidak memakan shadaqah atau zakat orang lain. “Anas bin Malik meriwayatkan “Rasulullah pernah berjalan melewati buah-buahan kurma (yang jatuh di jalan) lalu beliau bersabda, “Seandainya aku tidak takut bahwa pada kurma-kurma ini ada shadaqahnya (kewajiban zakat) tentu aku telah memakannya.” (HR Bukhari).

Ingin mengetahui kisah asmara Rasulullah selain bersama Siti Khadijah, disini juga tercatat dengan lengkap runutan termasuk kisah-kisahnya.Semua kehidupan seputar Rasulullah dikupas tuntas dalam buku setebal 280 halaman ini.

Beliau yang sangat istiqomah dalam beribadah sangat menginsprasi lewat kegiatan-kegiatan ibadahnya, bagaimana beliau bersuci, gerakan shalat, berdoa yang dilakukan hingga pesan-pesan terakhir sebelum Rasulullah wafat.

Beberapa wasiat terakhir Rasulullah bisa menjadi renungan, beliau mewasiatkan hartanya untuk disedekahkan, supaya umat tetap berpegang teguh dengan Al-Quran, ingin selalu menjaga shalat dan berbuat baik kepada yang kurang beruntung.

Beliau berpesan yang tercatat dalam sebuah hadistnya. “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat.” (HR. Bukhari).

Sejak kelahiran hingga akhir hayatnya, Rasulullah menjadi inspirasi bagi masyarakat muslim. Untuk sahabat yang ingin mengetahui lebih mendalam seputar personal, kepribadian dan akhlak beliau, buku Teladan Muhammad ini bisa menjadi acuan untuk meneladani beliau.

Beliau begitu istimewa namun tetap rendah hati. Seperti yang dikisahkan Abu Masud, Uqbah bin Amru meriwayatkannya, “Seorang lelaki datang kepada Rasulullah lalu mengajak beliau berbicara lalu tiba-tiba ia gemetar ketakutan, lantas beliau pun bersabda, “Tenangkan dirimu. Sesungguhnya aku bukanlah seorang raja. Aku hanyalah anak seorang wanita yang memakan dendeng.” (HR Ibnu Majah).

Inilah orang yang sangat mulia. Betapa besar kasih sayang Rasulullah kepada kita. Melalui ribuan hadistnya dan ajarannya. Nabi Muhammad telah mengabdikan wasiat tentang nilai-nilai kebajikan sebagai pedoman hidup bagi umatnya dan bagi seluruh manusia.

Mari yuk sama-sama tunaikan dan terapkan apa yang sudah Rasulullah contohkan kepada kita tentang kesehariannya.

Last modified on Monday, 16 July 2018 02:08

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama