Review Buku : "Menikah Itu Ibadah"

By April 29, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Munif Chatib, seorang konselor pendidikan yang juga sudah menulis banyak buku. Khususnya denga tema pendidikan. Bersama Next Edu Indonesia, ia banyak membantu sekolah, mulai dari kelompok bermain hingga SMA di seluruh Indonesia.

Buku “Menikah Itu Ibadah”, menjadi buku edisi #Parent learn keduanya, setelah karyanya yang berjudul “Biarkan Anak Bertanya”. Lalu apa sajakah yang dibahas dalam buku ini?

Kalimat-kalimat bijak yang ditulis oleh Munif Chatib mengenai anak muda dan pernikahan dalam buku ini adalah sebagai bentuk kegelisahan hatinya sebagai orang tua yang juga pernah mengalami masa muda.Munculah keinginan untuk menjaga buah hatinya dari kejamnya pengaruh zaman yang semakin edan.

Diawali dengan pembahasan bagaimana indahnya masa remaja, besarnya nafsu yang diemban pada masa remaja. Pada masa ini memang anak sedang memiliki rasa penasaran yang sangat besar, semangatnya menggebu-gebu ditambah hawa nafsunya yang juga besar.

Buku ini memberikan pesan bahwa jangan sampai naluri yang ada pada masa remaja itu malah dibawa ke arah yang negatif, maka salurkanlah ke arah yang positif dan produktif.

Munif Chatib dalam buku ini juga membahas perbedaan antara suka dan cinta. “suka itu bukan cinta, perasaan suka dan cinta itu tak sama.”

“Suka dan cinta adalah dua tahap yang secara psikis harus dilalui,” dan pembahasannya lainnya secara mendalam. Memberikan makna yang penting dari kata suka dan cinta. Pembahasan dalam buku ini dibuat berjenjang mulai dari nafsu kemudian rasa cinta dan suka.

Buku ini membahas hal yang paling inti, yaitu pernikahan. Buku “Menikah Itu Ibadah” sangat mengedukasi bagi anak muda yang ingin menikah maupun orang tua yang akan memberikan restunya.

Bagaimana kriteria pemilihan pasangan, proses pernikahan, perbedaan karakter dalam pernikahan dan dukungan orang tua. Semua dibahas dalam buku ini dengan kalimat yang tidak terlalu padat namun berisi serta enak untuk dicerna.

Buku dengan hard cover ini dicetak pada tahun 2016, diterbitkan oleh PT. Mizan Pustaka. Berisi quotes atau kalimat-kalimat indah yang dibuat dengan ilustrasi yang menarik perhatian. Fontnya yang unik, lucu dan mengandung banyak lattering didalamnya membuat buku ini tidak bosan untuk dibaca berulang kali.

Berisikan 96 halaman, buku ini asyik sekali untuk menjadi teman bersantai sambil meminum teh atau kopi. Bisa dibilang buku Menikah Itu Ibadah ini instagramable banget! Pas buat kamu yang suka posting quotes-quotes cantik di instagram.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama