Buku Eating Clean, Mengajak Untuk Menjalani Pola Hidup Sehat

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Projecteatingclean.com )

Muslimahdaily - Gaya hidup sehat kini sudah menjadi pilihan bagi masyarakat urban, salah satu caranya adalah perilaku memilih dan konsumsi makanan yang baik. Karena apa yang kita konsumsi sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Berdasarkan fakta tersebut, sang penulis Inge Tumiwa-Bachrens ingin mengajak pembaca untuk menerapkan metode makan sehat dengan menulis buku berjudul Eating Clean. 20 Langkah Mudah Membiasakan Makan Sehat.

Melalui buku ini penulis mencoba berbagi pengalaman dirinya yang pernah merasakan kondisi tubuhnya lebih rentan penyakit dan terdiagnosis penyakit yang cukup berbahaya akibat tidak menjaga dan mengontrol asupan yang masuk ke dalam tubuhnya.

Peristiwa itu kemudian menjadi pintu gerbang bagi dirinya untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik, caranya dengan mengubah pola dan konsumsi makanannya. Perubahan cara konsumsi itu tak hanya ia terapkan pada dirinya sendiri tetapi juga kepada seluruh anggota keluarganya. Hasilnya kini tak hanya Inge saja yang menerapkan pola konsumsi sehat ini, tetapi suami dan anak-anaknya pun juga. Mereka turut merasakan manfaat dalan menjalankan hidup yang sehat.

Tak ingin merasakan manfaatnya sendirian, ia pun berbagi rahasia suksesnya menjalankan pola Eating Clean ini melalui tulisannya. Penulis memperkenalkan pola yang mengutamakan konsumsi makanan yang paling alami dan tidak mengalami banyak proses dalam pembuatannya. karena yang kita konsumsi dapat menentukan kualitas dan kesehatan hidup kita.

Inge memaparkan minimal ada lima hal positif yang ia rasakan saat menjalankan dan proses Clean Eating ini yaitu dapat menurunkan dan menstabilkan bobot berat badan, gula darah dan mood, juga mampu meningkatkan konsentrasi, energi, daya tahan tubuh dan menurunkan resiko berbagai penyakit.

KENDALIKAN APA YANG DIKONSUMSI

Ingin tahu langkah apa saja yang diterapkan Inge dalam menjalani Eating Clean ini yaitu mengendalikan apa yang di konsumsi. Ada 20 langkah yang digambarkan secara gamblang oleh penulis dalam buku ini.

Beberapa diantaranya, Pertama, mengurangi konsumsi makanan proses karena jenis makanan ini banyak mengandung gula, MSG, sodium dan lemak tidak sehat. Tak hanya itu konsumsi makanan proses membuat kondisi kita dapat merasa lapar terus menerus.

Kedua, mengurangi gula yang banyak terdapat dalam makanan dan minuman kemasan. Konsumsi gula ini sangat berbahaya karena kita tidak bisa menakar sendiri berapa jumlah asupannya yang masuk ke dalam tubuh kita karena produk yang kita konsumsi dibuat di pabrik.

Ketiga, perbanyak konsumsi air putih. Minuman yang satu ini sangat penting untuk menyeimbangkan. Bagi perempuan dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurang lebih 2 liter per hari dan minumlah dengan jumlah lebih besar saat berolahraga, hamil, sakit ataupun ketika berada di tempat yang lembab.

Keempat, jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Kebiasaan sarapan dengan pilihan makanan yang sehat dapat meningkatkan energi, daya konsentrasi, produktivitas dan mampu tingkatkan mood sebagai bekal untuk melakukan aktivitas kita.

Kelima, biasakan makan dengan keluarga dirumah. Manfaatnya sangat besar, selain mempererat hubungan antar keluarga, kebiasaan ini akan mendorong untuk memasak lebih sehat dan bernutrisi untuk kebutuhan keluarga.

Keenam, masak dengan cara yang sehat. Dengan memasak sendiri kita mengetahui takaran yang digunakan seperti berapa banyak minyak yang digunakan, garam dan gula yang ditaburkan dan lainnya serta bahan-bahan makanan yang kita pilih sendiri.

Dan ketujuh, pilih makanan organik. Bahan makanan organik memiliki kandungan nutrisi yang lebih dan mendukung pertumbuhan karena prosesnya tanpa melibatkan bahan-bahan atau pupuk kimia yang berbahaya.

Selain tujuh langkah diatas masih ada 13 langkah lagi yang bisa diketahui lebih lanjut oleh pembaca. Semua itu dianjurkan untuk dipraktekkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Ingin tahu lebih lanjut, temukan jawabannya secara lengkap di dalam buku ini ya.

Rahasia sukses untuk menjalankan dan mempraktekkan program Clean Eating ini ialah motivasi, kemauan, usaha, keinginan yang kuat, disiplin, sabar dan tidak mudah menyerah. Bagi yang ingin perubahan baik dalam kehidupanmu, buku yang satu ini bisa menjadi inspirasi. Tetap semangat untuk menjalani hidup lebih sehat ya!

Last modified on Rabu, 25 April 2018 09:02

Leave a Comment